Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Chemical Engineer | Amateur Runner | Coffe and Comic Lover [KBC-22]

Jika hidup hanya sekedar hidup maka monyet di hutan juga hidup, jika hidup hanya sekedar makan maka babi hutan juga selalu makan untuk hidup, hiduplah agar bisa berguna dan memberi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Drip Bag Filter, Cara Kekinian Seduh Kopi yang Sudah Ada Sejak Lama

23 Oktober 2020   19:45 Diperbarui: 23 Oktober 2020   19:49 41 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Drip Bag Filter, Cara Kekinian Seduh Kopi yang Sudah Ada Sejak Lama
Source: freepik.com

Drip bag filter adalah cara paling praktis untuk menyeduh kopi.

Alat ini sangat mudah digunakan. Anda hanya butuh air panas untuk bisa menyeduh kopi. Praktis memang, namun kenapa jadi terdengar mirip seperti kopi instant ?

Kopi Instant Bukan Kopi Asli.

Kopi instant, kopi renceng, kopi sachet dan banyak istilah lainnya, sudah tidak bisa dikategorikan sebagai kopi. Kopi jenis ini sudah menambahkan banyak bahan yang mengubah komposisi kopi aslinya.

Komposisi kopi instant bukan sudah tidak seperti aslinya. Konon kopi ini sudah ditambahkan bahan lain seperti beras, jagung atau lainya, untuk membuat harga kopi menjadi begitu murah.

Tak hanya komposisi yang berubah. Sensasi saat kita menyeduh kopi juga tidak bisa kita dapatkan saat menyeduh kopi instant.  Penggunaan alat Coffe Maker mulai dari V60, Vietnam Drip, French Press dan lainnya, untuk kopi instant. Tidak akan mengeluarkan cita rasanya.

Ditemukan Sejak Lama.

Alat coffe maker yang praktis ini. Ternyata sudah ditemukan sejak lama. Drip Bag Coffe sudah ditemukan sejak tahun 1990an di Jepang. Karena budaya kopi baru populer beberapa waktu belakangan ini, maka banyak orang baru mengetahui alat coffe maker ini.

Meskipun baru muncul di masa modern, cikal bakal Drip Bag Fillter sudah muncul sejak tahun 1900an.  Saat pertama kali ditemukan paper filter kopi di tahun 1908, oleh seorang wanita bernama Melitta Bentz.

Kopi ditemukan di benua Afrika, namun budaya minum kopi berkembang pesat di Eropa. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya alat coffe maker yang ditemukan di benua biru tersebut, sebutlah French Press, Espresso dan Paper Filter ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x