Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Freelancer - Superhero geek

Merangkai coretan jadi tulisan dengan bantuan kopi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ada Apa dengan Klepon? Kenapa Sekarang Jadi Tidak Islami?

22 Juli 2020   16:11 Diperbarui: 22 Juli 2020   16:06 6153 19 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kue Klepon | Source Idntimes.som / Dok. Instagram : @fakhrudin_gho

Kue Klepon

Kue jajanan pasar yang disukai banyak orang ini mendadak menjadi viral, kue ini diklaim bukanlah makanan yang islami, tanpa keterangan lebih lanjut mengapa klepon ini dianggap tidak islami, foto yang beredar di media social ini malah memberitahukan jika ada makanan lain yang lebih syar'I yang dijual oleh si pemilik gambar tersebut.

Belum jelas identitas dari si pembuat gambar tersebut, hanya tertera nama "Abu Ikhwan Aziz" yang ada dalam gambar tersebut, tidak di ketahui pula lokasi dari pemilik gambar ini, yang jelas pembuat gambar ini sini memiliki usaha makanan dan gambar yang disebar luaskan ini adalah gambar yang digunakan sebagai ajang promosi.

gambar klepon tidak islami | source : indozone.id/ Dok. Istimewa 
gambar klepon tidak islami | source : indozone.id/ Dok. Istimewa 

Menjadikan Halal sebagai Promosi.

Menggunakan kata islami dan halal sebagai ajang promosi untuk menarik hati pembeli, sebenarnya bukan hal baru, beberapa waktu lalu, brand kosmetik Wardah juga melakukan hal serupa.

Wardah yang merupakan brand kosmetik dari perusahaan PT. Paragon Technology and Inovatie ini memiliki tagline "Halal dari Awal". Embel-embel halal yang dibawa oleh Wardah ini juga awalnya menuai kontroversi.

Banyak orang yang mengatakan jika halal yang dibawa oleh Wardah, hanya menjadi sebuah "jargon" untuk memikat konsumen yang beragama muslim, kenapa bisa ada kosmetik halal ? apakah kosmetik itu memiliki agama ?

"Halal di sini berarti menggunakan bahan yang aman bagi kulit dan sesuai hokum islam, selain itu juga melakukan proses produksi yang sesuai dengan syariat islam dan tidak menyakiti makhluk hidup lainnya" Ungkap Sari Chairunisa, Direktur Research and Development, PT. Paragon.

Klaim halal yang dari Wardah juga bukan menurut mereka sendiri, "World Halal Council" sebagai organisasi terpercaya dunia, telah  menobatkan wardah sebagai pelopor kosmetik halal di Indonesia sejak tahun 1999.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan