Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Chemical Engineer | Amateur Runner | Coffe and Comic Lover [KBC-22]

Jika hidup hanya sekedar hidup maka monyet di hutan juga hidup, jika hidup hanya sekedar makan maka babi hutan juga selalu makan untuk hidup, hiduplah agar bisa berguna dan memberi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Ingin Berlari Lebih Jauh? Cobalah Bersepeda

3 Juni 2020   20:05 Diperbarui: 25 Juni 2020   08:23 142 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ingin Berlari Lebih Jauh? Cobalah Bersepeda
Ilustrasi bersepeda | Source: Freepik.com

Setahun belakangan ini selain berolahraga lari, saya melakukan  alternatif olahraga lain yaitu bersepeda.

Alasan saya memulai untuk bergowes ria dengan sepeda adalah karena sudah mulai jenuh dengan berlari, juga lingkungan sekitar rumah yang masih kurang bersahabat untuk berlari.

Bersepeda dan Berlari.

Kelebihan dari bersepeda ini adalah bisa menempuh jarak yang lebih jauh dan dengan energi yang lebih sedikit pula, jika dengan berlari, saya bisa menempuh jarak sekitar 7 kilometer dalam waktu satu jam, maka dengan bersepeda, saya bisa menempuh jarak 15 kilometer dalam satu jam.

Sepeda dan berlari, keduanya merupakan olahraga kardio, olahraga yang dapat meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru, serta dapat membakar lemak,  tapi tentu ada perbedaan antara kedua olahraga ini.

Sepeda yang saya gunakan | Dok.Pribadi 
Sepeda yang saya gunakan | Dok.Pribadi 

Berlari digolongkan menjadi high impact cardio sedangkan bersepeda tergolong olahraga low impact cardio.

Dengan perbedaan tersebut kita tahu jika memang bersepeda tidak bisa membakar kalori sebanyak berlari, karena tingkat energy yang dibutuhkan memang relative lebih sedikit, saya sebenarnya merasa demikian saat bersepeda, ada sensasi yang terasa kurang, tak seperti saat berlari.

Permasalahan ini saya akali dengan menempuh jarak yang lebih jauh saat bersepeda, sehingga saya merasakan sensai yang sama seperti saat berlari, rekor terjauh saya bersepeda untuk saat ini adalah sejauh 30 kilometer, dengan durasi 2 jam lebih.

Untuk seorang yang sudah sering gowes mungkin itu masih level "cemen". Memang saya bersepeda dengan santai sembari menikmati perjalanan, tapi dengan durasi selama itu tentu sensasi yang didapatkan sama seperti berlari sejauh 10 kilo dalam kurun waktu 1,5 jam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x