Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Chemical Engineer | Amateur Runner | Coffe and Comic Lover [KBC-22]

Jika hidup hanya sekedar hidup maka monyet di hutan juga hidup, jika hidup hanya sekedar makan maka babi hutan juga selalu makan untuk hidup, hiduplah agar bisa berguna dan memberi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

"The New Normal", Yakin Nih Indonesia Siap?

30 Mei 2020   20:17 Diperbarui: 30 Mei 2020   20:33 136 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"The New Normal", Yakin Nih Indonesia Siap?
Ilustrasi New Normal| Source : Freepik.com

"Saya minta protokol beradaptasi dengan tatanan normal baru (new normal) yang disiapkan oleh Kemenkes disosialisasikan secara masif pada masyarakat " Ungkap Presiden Joko Widodo.

Ungkapan tersebut beliau sampaikan pada saat rapat kabinet terbatas melalui video coference (27/5) kemarin, dengan sosialisasi yang massif akan penggunaan protokol kesehatan maka diharapkan kurva kenaikan angka kasus covid-19 akan berkurang.

 Protokol kesehatan ini nantinya akan meliputi pembatasan jumlah keramaian, kapasitas jumlah penumpang dalam transportasi umum, kapasitas pengunjung rumah makan dan lainnya, nantinya tidak diperbolehkan untuk mencapai kapasitas penuh.

Tak ketinggalan peraturan seperti  pengecekan suhu tubuh, penyyemprotan disinfektan, serta penyediaan tempat  mencuci tangan, serta kewajiban  memakai masker harus selalu dilakukan. Dengan protokol kesehatan ini, maka diharapkan kurva kenaikan kasus covid-19 akan berkurang.

 Muncul Istilah Baru.

"The New Normal" , "Protokol Kesehatan" nampaknya akan menjadi istilah baru yang sering kita jumpai beberapa waktu ke depan, kenyataan jika covid-19 masih belum bisa kita binasakan harus kita terima, dan mulai kita coba melanjutkan hidup sembari ditemani covid-19.

Ilustrasi kehidupan New Normal | Source : freepik.com
Ilustrasi kehidupan New Normal | Source : freepik.com

Kehidupan yang baru dalam normal sudah mulai dilakukan di beberapa negara lain seperti  Spanyol, Jepang, Korea dan lainnya, tapi perlu diingat jika negara negara tersebut mulai memberlakukan new normal setelah dianggap aman dan terjadi angka penurunan warganya yang terinfeksi  covid-19.

Sementara di Indonesia, new normal justru direncanakan saat jumlah kasus mencapai angka kenaikan  tertinggi, pada (21/5) lalu Indonesia mencatatkan rekor angka kenaikan jumlah penambahan kasus sebanyak 973 kasus, memecahkan rekor sebelumnya yaitu 693 kasus, yang terjadi sehari sebelumnya (20/5) lalu.

Sudah Siap Menuju New Normal ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN