Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Chemical Engineer | Amateur Runner | Coffe and Comic Lover [KBC-22]

Jika hidup hanya sekedar hidup maka monyet di hutan juga hidup, jika hidup hanya sekedar makan maka babi hutan juga selalu makan untuk hidup, hiduplah agar bisa berguna dan memberi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Jaga Berat Badan dan Tetap Bugar dengan Freeletics

19 April 2020   14:00 Diperbarui: 20 April 2020   13:41 425 16 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jaga Berat Badan dan Tetap Bugar dengan Freeletics
Seorang wanita sedang melakukan Squat, yang merupakan salah satu gerakan freeletics |Source:Freepik.com

Menanggapi artikel dari Listia H. Rahman, yang berjudul “Jaga Jarak Sudah, Kalau Jaga Timbangan Berat Badan ?” Artikel tersebut ditulis dengan baik oleh beliau, dengan membaca artikel tersebut menginspirasi saya, untuk membagikan ulasan olahraga yang dapat dilakukan tanpa keluar rumah tapi memiliki sensasi dan membakar kalori seperti halnya berlari berkeliling komplek.

Mengenal Freeletics
Nama olahraga tersebut adalah freeletics, gabungan dari 2 kata yaitu free (bebas) dan athletics (atletik), dinamakan tersebut karena pada dasarnya kegiatan olahraga ini menggunakan gerakan atletik (senam) tapi dilakukan secara lebih bebas.

Freeletics mulai populer di Indonesia tahun 2015, saat budaya lari juga mulai naik di Indonesia, biasanya orang yang gemar mengikuti race lari, biasanya juga ikut melakukan olahraga freeletics, karena freeletics juga seperti halnya berlari adalah olahraga kardio yang mampu membakar lemak.

Bisa dibilang jika freeletics adalah olahraga kardio yang lebih baik dalam membakar lemak, karena dalam gerakannya menggunakan “bodyweight” yang membuat banyak bagian otot tubuh untuk bekerja, seperti layaknya kita melakukan fitness di gym, sehingga kalori yang terbakar bisa lebih banyak daripada berlari.

Freeletics bukan hanya mampu menjaga berat badan dan stamina selama pandemi covid 19 ini, bahkan sangat bisa untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk badan yang lebih bagus.

Freeletics Bersama Komunitas.
Kegiatan olahraga freeletics biasanya dilakukan secara bersama-sama di tempat yang cukup luas. Sebagai contoh yaitu komunitas freeletics Yogyakarta atau FLYK.

Komunitas yang dulu saya ikuti ini melakukan kegiatannya di lapangan Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta tiap hari Sabtu pagi dan di Upper Ground Hartono Mall, Yogyakarta tiap hari Rabu malam.

Kegiatan Freeletics Bersama Komunita Freeletics Yogyakarta | Dok.Freeletics Yogyakarta
Kegiatan Freeletics Bersama Komunita Freeletics Yogyakarta | Dok.Freeletics Yogyakarta
Berdasarkan pengalaman saya saat mengikuti freeletics bersama FLYK, berolahraga bersama-sama memang sangat seru, terlebih ada instruktur yang juga memandu setiap gerakannya, tapi sayangnya di tengah pandemik Covid-19 ini kegiatan freeletics bersama saat ini tidak bisa dilakukan.

Tapi tenang, ini bukan berarti kegiatan freeletics tidak bisa dilakukan, kita masih bisa melakukan kegiatan tersebut di rumah masing-masing. 

Dengan catatan kita melakukan pemanasan terlebih dahulu supaya tubuh kita tidak kaget saat melakukan gerakan-gerakan tersebut, jangan lupa juga untuk melakukan kegiatan cooling down guna melemaskan tubuh kita setelah bergerak.

Jadi sudah siap untuk mulai freeletics?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x