Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Sales - Engineer, Marketer and Story Teller

Movie Enthusiast KOMIK 2020 | Menulis seputar Worklife, Movie and Hobby

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Argo Cheribon, Kereta Baru Menuju Jakarta

7 Maret 2020   17:18 Diperbarui: 7 Maret 2020   17:20 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sources : https://travel.tribunnews.com/

Kereta api adalah alat transportasi favorit saya. Semenjak kuliah di kota pelajar Yogyakarta, saya biasanya berangkat dari Brebes  menuju Yogyakarta menggunakan kereta api. 

Ada dua pilihan kereta yang bisa digunakan, yaitu kereta Joglosemarkerto dan Fajar Utama. Di masa awal kuliah  saya menggunakan kereta api Fajar Utama, kereta tersebut  berangkat dari stasiun Ketanggungan, Brebes dengan tujuan akhir stasiun Lempuyangan, Yogyakarta.

Untuk kereta Joglosemarkerto, stasiun keberangkatannya adalah stasiun Tegal, dengan tujuan akhir juga stasiun Lempuyangan, Yogyakarta. Memang dilihat dari jarak, saya lebih mudah jika menggunakan kereta api Fajar Utama, karena rumah saya di Tanjung,Brebes,  lebih dekat menuju ke stasiun Ketanggungan daripada harus repot repot  menuju Tegal, tapi saya malah lebih memilih menggunakan Joglosemarkerto, karena biayanya yang jauh lebih murah disbanding Fajar Utama.

Jarak yang lebih jauh tidak begitu masalah sebenarnya, karena biasanya dari stasiun menuju rumah, saya dijemput oleh keluarga saya, sehingga tidak perlu mengeluarkan ongkos tambahan.

Baca : Perjalanan dari Jogja Menuju Tegal Menggunakan Joglosemarkerto

Sudah sekian lama saya sudah tidak ke Jogja menggunakan kereta, karena memang sudah tidak ada urusan disana, sekarang, saya malah lebih sering ke Semarang atau ke Jakarta menggunakan kereta,saya memang sedang bekerja di Semarang, jadi hampir setiap bulan saya pulang pergi ke Semarang. 

Sedangkan untuk Jakarta, karena dulu sebelum kerja di Semarang, saya sering mendapat panggilan interview di Jakarta, dan pilihan transportasi terbaik dari Tanjung menuju Jakarta adalah dengan menggunakan kereta.

Kini, sudah hampir setahun saya tidak pergi ke Jakarta menggunakan kereta, hingga saya ada keperluan untuk mengantar ibu saya menuju Jakarta untuk menengok salah satu kerabat di Jakarta. Dulu saya biasanya menggunakan kereta Tegal Bahari, kereta bisnis yang berangkat dari Tegal dan berhenti di stasiun Tanjung dengan tujuan akhir stasiun Gambir.

Saat saya mencoba memesan tiket kereta api secara online, ternyata saya tidak menemukan kereta Tegal Bahari.Ternyata, kereta Tegal  bahari sudah tidak ada dan sudah diganti menjadi Argo Cheribon sejak bulan agustus 2019 lalu, kereta  Argo Cheribon ini adalah gabungan dari 3 kereta yaitu Tegal Bahari, Argo Jati  dan  Cirebon Express,

Nampaknya Keretanya sama saja dengan yang dulu, yaitu kereta Tegal bahari, tapi memang kapasitasnya sudah bertambah  dari 7.200 tempat duduk menjadi 7.980 tempat duduk, dengan perpanjangan rute dari dulunya Cuma sampai Tegal sekarang bertambah hingga Pemalang.

Selain rute dan kapasitas yang bertambah, ternyata jadwalnya juga berubah, dulu biasanya saya dari stasiun Gambir menuju stasiun Tanjung, bisa sampai di Tanjung tidak sampai pukul 12 malam, sekarang karena jadwalnya bergeser,saya baru sampai stasiun Tanjung pukul 1 dini hari dengan jadwal keberangkatan dari Gambir  sekitar jam 8 malam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun