Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Penulis

Jika hidup hanya sekedar hidup maka monyet di hutan juga hidup, jika hidup hanya sekedar makan maka babi hutan juga selalu makan untuk hidup, hiduplah agar bisa berguna dan memberi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Lagu Apa yang Jadi Soundtrackmu Hari Ini?

15 September 2019   16:12 Diperbarui: 17 September 2019   18:28 46 2 1 Mohon Tunggu...
Lagu Apa yang Jadi Soundtrackmu Hari Ini?
Sources: freepik.com

Soundtrack sebenarnya adalah istilah yang digunakan untuk lagu yang mengiringi sebuah film, biasanya lagu tersebut diciptakan sesuai dengan cerita film atau lagu lama yang kemudian diambil karena mempunyai kesamaan suasana dan keadaan dalam film tersebut.

Tujuan adanya soundtrack adalah supaya penonton bias lebih merasakan kondisi seperti apa yang terjadi dalam film tersebut, selain ada tampilan visual, dengan adanya audio yang mengikuti, maka perasaan dan kondisi yang dialami tokoh  dalam film tersebut akan leih tersampaikan.

Selepas film tersebut turun layar, jika lagunya banyak digemari, maka lagu tersebut tetap popular, bahkan kepopulerannya bisa mengalahkan film tersebut.

Sebagai contoh lagu "dealova"yang dibawakan oleh Once, yang sebenarnya adalah lagu soundtrack untuk film dengan judul yang sama, masih ramai diputar di stasiun tivi ataupun radio meskipun filmnya sudah lama turun layar, dalam kasus ini, lagu soundtracknya mengalahkan kepopuleran filmnya.

Cerita hidup manusia tidak begitu berbeda dengan film, film umumnya hanya mengangkat beberapa genre, bisa komedi, drama, horor, romansa dan lainnya, sama seperti kehidupan manusia nyata yang punya banyak genre, yang malah bisa lebih kompleks daripada kisah yang terjadi dalam film.

Di setiap kondisi kehidupan kita, lagu bisa masuk ke dalamnya menjadi soundtrack kita di waktu tersebut,ada saat dimana kita senang, sedih, bimbang dan lainnya. Malah jadi  terdengar seperti film india, dimana saat sedih atau bahagia, pasti bernyanyi dan menari.

Tapi memang kenyataannya demikian, meski di film india kondisinya dibuat berlebihan karena langsung mendatangkan banyak orang yang ikut bernyanyi dan menari bersama kita. Dalam kehidupan nyata, saat kita sedih, bahagia atau bimbang, hanya dengan mendengarkan lagu yang sesuai saja sudah cukup.

Lagu seperti puisi adalah hasil karya manusia, diciptakan oleh seseorang untuk menggambarkan perasaannya terhadap suatu keadaan, si pencipta lagu tersebut mungkin tidak ada hubungan secara langsung dengan kita, tapi kondisi yang dialaminya mungkina punya kemiripin dengan apa yang kita rasakan sekarang, sehingga ada lagu yang sesuai dan menggambarkan kondisi kita sekarang.

Istilah soundtrack untuk hari ini, sebenarnya saya ambil dari slogan radio swaragama FM, stasiun radio kenamaan yang ada di Yogyakarta, slogan radio tersebut adalah  "soundtrack of your life", slogan yang seduai untuk sebuah radio supaya pendengarnya tetap setia mendengarkan radio swaragamafm ini, sebenarnya ini hanya akal akalan marketing untuk menarik banyak pendengar.

 Tetapi, benar adanya, jika sebuah lagu bisa menjadi soundtrack kehidupan kita saat ini, lagu yang sesuai dengan kondisi yang kita alami dan rasakan saat ini.Tapi ini berlaku juga untuk hal sebaliknya, jika lagu yang kita dengarkan bisa membawa mood kita menjadi seperti lagu yang kita dengarkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x