Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Penulis

Jika hidup hanya sekedar hidup maka monyet di hutan juga hidup, jika hidup hanya sekedar makan maka babi hutan juga selalu makan untuk hidup, hiduplah agar bisa berguna dan memberi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Berlari 320 Kilometer di Kompas Tambora Challenge 2019

10 Mei 2019   10:25 Diperbarui: 10 Mei 2019   11:14 0 4 1 Mohon Tunggu...
Berlari 320 Kilometer di Kompas Tambora Challenge 2019
Source : Kompas.com

320 kilometer !? 

Benar, anda tidak salah baca,320 kilometer. Sejauh itulah  jarak yang ditempuh oleh para peserta yang berlari  di gelaran lari kompas tambora challenge 2019. Jarak ini melebihi jarak Tegal ke Jakarta, yang bisa ditempuh dengan jalur darat selama hampir 7 jam, bedanya para peserta di gelaran ini menempuhnya dengan berlari selama 3 hari. Rute larinya adalah melintasi pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Acara Peringatan Meletusnya Gunung Tambora

Awalnya acara ini adalah untuk memperingati meletusnya gunung tambora 200 tahun yang lalu pada tahun 2015,Harian Kompas, sebagai penyelenggara acara ini, di  tahun 2019 ini terhitung sudah kali kelima mengadakan race ini, tiap tahunnya jumlah pesertanya makin bertambah. 

Di tahun pertama penyelenggaraanya  hanya ada 8 peserta dan hanya satu peserta yang dapat menyelesaikan hingga garis finish, setiap tahu makin banyak peserrta yang berpartisipasi, hingga di gelaran tahun ini jumlah  peserta melonjak naik  menjadi  49 peserta.

Berlari dengan jarak 320 kilo dikategorikan sebagai lari ultra marathon, karena marathon sendiri hanya menempuh jarak 42 kilometer, harusnya dikategorika super ultra marathon, tapi untuk pembagiannya, jarak lari yang lebih dari 42 kilometer, dikatakan kategori ultra marathon. Bagi kalangan penggiat olahraga lari, kompas tambora challenge, adalah lomba lari paling ekstrem di wilayah Asia Tenggara.  

Ada 2 kategori dalam acara ini yaitu kategori relay dan individual, relay berarti jarak 320 kilo ditempuh oleh 2 pelari, masing masing pelari menempuh jarak 160 kilo, sedangkan untuk individual artinya peserta berlari secara penuh 320 kilometer. Dalam gelaran tahun ini 23 peserta kategori individual dan 26 peserta kategori relay.

Acara ini digelar dari tanggal 1-4 mei 2019 lalu. Start dimulai dari desa Poto Tano kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat, dan garis finishnya ada di sabana Doro Ncanga Kabupaten Dompu, yang terlatak persis di kaki gunung tambora. 

Ada 7 check point yang harus dilewati selama menempuh 320 kilometer jalur lintas Sumbawa ini. Untuk batas waktu menyelesaikan race ini atau istilah yang biasa digunakan adalah Cut Off Time (COT) adalah 68 jam untuk kategori  individual, dan 64 jam untuk kategori individual.

Rekor Baru Terpecahkan . 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2