Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Penulis

Jika hidup hanya sekedar hidup maka monyet di hutan juga hidup, jika hidup hanya sekedar makan maka babi hutan juga selalu makan untuk hidup, hiduplah agar bisa berguna dan memberi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Iron Man, Pembuka dan Penutup Marvel Infinity Saga

30 April 2019   15:26 Diperbarui: 30 April 2019   19:46 1299 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Iron Man, Pembuka dan Penutup Marvel Infinity Saga
Sources : Ironman_ig

Beberapa tahun yang lalu, nama superhero Iron man kurang familiar di penikmat film superhero,superhero yang mendominasi layar lebar adalah batman dan superman. Tony Stark yang merupakan alter ego dari Iron man hampir tidak ada yang mengenalnya, tapi semua berubah saat film Ironman di tahun 2008 dirilis. Film ini laris manis dan membuat dunia mengenal Ironman.

Awalnya memang ada keraguan untuk mengangkat Iron man menjadi pembuka dari rangkaian kisah superhero marvel di layar lebar. Hal tersebut dikatakan oleh Charlie Wen sebagai kepala departemen pengembangan visual Marvel ,tapi peran Tony Stark seorang playboy, jenius dan miliarder diperankan dengan baik oleh Robert Downey Jr (RDJ). Seperti halnya Hugh Jackman yang sukses memerankan Wolverine,RDJ juga sudah identik dengan Tony Stark, peran Tony Stark tidak bisa digantikan oleh aktor lainnya.

RDJ menjadi aktor yang paling sering muncul di film film Marvel Cinematic Universe (MCU) dari 22 film MCU yang terbagi dalam 3 phase, yang kemudian dinamakan Infinity Saga, Iron man  ikut bermain dalam 10 film yang ada, dengan total screen time sebanyak 6 jam 40 menit 15 detik ,memang ironman tidak berperan penuh di film tersebut, terkadang hanya sebagai peran kecil, atau numpang muncul di after credit.

Kemunculan tayangan after credit di setiap film film Marvel, menjadi semacam signature untuk film marvel ,after credit scene biasanya digunakan di serial televisi, untuk membuat penasaran penonton akan kelanjutan dari episode tersebut, dan pada akhirnya akan membuat penasaran untuk menonton episode selanjutnya. Biasanya after credit scene film MCU menunjukan clue seperti apa film lanjutannya, atau film superhero lain  yang terkait dengan film tersebut. After credit scene ini terus dilanjutkan di fim film MCU lain setelah film ironman, hingga akhirnya film Avengers: Endgame yang tidak memiliki after credit.

[SPOILER ALERT]

Avengers : Endgame yang menjadi penutup dari infinitu phase ini, muara dari semua film film MCU, ditutup pula oleh Iron man. Pengembangan karakter dari Ironman atau Tony Stark yang dulunya egois dan hanya mementingkan dirinya sendiri yang kemudian perlahan mulai berubah setelah setelah diculik oleh kelompok teroris di Afganistan pada Ironman 1. Karakternya makin berkembang menjadi baik, tapi tetap sifat narsis dan eksentriknya tidak berubah, buktinya dia mengakui jika dirinya adalah Iron man, juga menantang penjahat dengan memberitahukan secara rinci dimana alamat rumahnya yang berakhir pada serangan besar besaran di rumahnya pada ironman 3.

Di Infinity War, Tony Stark menjadi satu satunya manusia biasa yang bertarung langsung dengan Thanos,meskipun bertarung dengan gigih, pada akhirnya dia tetap kalah, dan kehilangan Peter Parker, seorang superhero remaja dengan kekuatan laba -laba yang menjadi superhero dengan bimbingan Tony Stark dan sudah terasa seperti anaknya sendiri.Tetapi pada endgame keadaan berbalik, dari sekian banyak manusia yang merasa sedih karena kehilangan orang yang mereka cintai gara gara jentikan jari thanos. Tony Stark malah hidup bahagia, dia hidup bersama istrin dan anak perempuannya.

Hal inilah yang menunjukan jika karakter iron man atau Tony Stark sudah berkembang, karena dia membuat pilihan yang berhasil menyelamatkan banyak nyawa. Mengulang momen seperti di ironman pertama, saat dia mengatakan "i am iron man" yang membuat semua wartawan kaget, kini momen itu diulang dan membuat seluruh dunia yang bukan hanya terkejut tapi juga terharu.

Penayangan Avengers: Endgame sudah hampir seminggu sejak 24 april lalu, jika anda tidak bisa menonton di hari pertama penayangannya, santai saja karena film ini pasti akan bertahan di bioskop lebih dari 2 minggu, tetapi resikonya anda akan kenyang dengan spoiler spoiler yang bertebaran dimana mana.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x