Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Penulis

Jika hidup hanya sekedar hidup maka monyet di hutan juga hidup, jika hidup hanya sekedar makan maka babi hutan juga selalu makan untuk hidup, hiduplah agar bisa berguna dan memberi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Menyambut Era Baru Superhero Marvel

2 April 2019   10:21 Diperbarui: 2 April 2019   10:28 0 1 0 Mohon Tunggu...
Menyambut Era Baru Superhero Marvel
Sources : https://bgr.com

Dalam beberapa pekan lagi, kita akan bisa menikmati aksi para superhero marvel di film Avengers Endgame. Film ini merupakan penutup dari phase ke 3 marvel yang dimulai sejak kemunculan Iron man di tahun 2008 lalu. Selama lebih dari 10 tahun , tak terasa memang jika sudah lebih dari satu dekade para jagoan ini menemani kita di bioskop.

Berakhirnya phase 3, bukan berarti kisah superhero Marvel berakhir, hal ini justru menjadi penanda jika MCU(Marvel Cinematic Universe) akan bertambah luas dengan adanya superhero superhero baru, terlebih sekarang Fox sudah resmi diakusisi oleh Disney selaku pemilik Marvel , hal ini menjadikan X-Men, Fantastic Four dan Deadpool kembali menjadi milik Marvel.

Sejauh ini belum ada keterangan dari pihak Marvel ataupun Fox jika akan ada crossover antara superhero marvel yang sudah ada dengan superhero milik Fox, mungkin belum untuk waktu dekat, karena kontinuitas yang sudah diciptakan marvel sudah begitu rapi, malah akan berantakan jika tibba-tiba memasukan superhero superhero baru.

Sebenarnya marvel sudah menyiapkan superhero baru dengan latar belakang yang lebih segar dibanding dengan superhero lama yang menjadi anggota Avengers. 

Sebut saja Black Panther yang merupakan raja dari Wakanda negara yang ada di benua Afrika, juga superhero perempuan dengan kekuatan yang begitu dahsyat yabg baru saja kita lihat aksinya beberapa waktu lalu yaitu Carol anvers aka Captain Marvel.

Phase 3 atau yang disebut dengan Infinity Phase adalah phase yang akan terus diingat di tahun tahun mendatang, sebagai bagian dari sejarah superhero yang ada di dunia, fase dimana kisah para superhero ini bermula. 

Sebenarnya kisah superhero yang ada di layar lebar bukan hal baru, tapi konsep kontiinuitas yang diusung marvel adalah konsep berbeda, Dulu kita hanya mengenal satu superhero dalam triologi sbut saja Superman,Batman dan  tidak ada banyak superhero yang punya cerita original masing masing yng terlibat dalam satu film dan beraksi bersama.

Komik marvel terdiri dari banyak superhero dengan kekuatan dan latar belakang yang berbeda-beda, latar belakang yang berbeda beda ini bertujuan supaya diterima oleh masyarakat dunia yang juga punya ras dan budaya yabg berbeda. 

Marvel juga berusaha untuk memberikan penerimaan bagi kaum LGBT(Lesbian Gay Biseksual Transgender), mereka juga memiliki superhero LGBT, memang sampe 3 phase ini belum diperkenalkan secara jelas superhero marvel dengan orientasi seksual tersebut. 

Tapi entah untuk beberapa tahun mendatang, dilansir juga pernyataan dari Kevin Feige selaku presiden dari MCU yang menyatakan jika dia sudah tidak sabar untuk mengangkat hal tersebut ke film film MCU di tahun tahun mendatang.

Kisah superhero memang kisah yang menarik dan menghibur bagi siapa saja, apalagi bagi anak-anak yang memang mempunyai daya imajinasi yang tinggi. 

Tapi kisah superhero ini tidak bisa dilahap mentah-mentah, kita  perlu filter untuk memberikan penjelasan kepada anak anak tentang nilai mana saja yang bisa diambil dan nilai nilai mana yang memang tidak sesuai dengan budaya kita.