Mohon tunggu...
Yudi Kurniadi
Yudi Kurniadi Mohon Tunggu... Freelancer - Pekerja

Pekerja konstruksi dan penikmat sepakbola yang lagi suka menulis. Here We Go!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kisah 1001 David Moyes

8 November 2021   12:44 Diperbarui: 8 November 2021   13:28 249 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ekspresi David Moyes. (Foto: twitter/westham)

Pekan ke-11 Premier League musim 2021/2022 menjadi laga ke-1.001 David Moyes sebagai manajer. Bersama West Ham United pada hari spesial tersebut pria asal Skotlandia itu mendapatkan kado istimewa yakni, menang atas Liverpool dengan skor 3-2.

Buah dari kemenangan tersebut menorehkan catatan manis bagi  Moyes yaitu, menang untuk pertama kalinya melawan Jurgen Klopp, memberikan West Ham kemenangan pertama vs Liverpool sejak 2016, membuat Liverpool kalah untuk pertama kalinya di London Stadium dan duduk di peringkat tiga klasemen sementara.

Berikut ini adalah statistik perjalanan 1001 laga David Moyes Is A Football Genius.

Awal karier kepelatihan Moyes adalah bersama Preston North End. Setelah menyatakan gantung sepatu sebagai pemain, Moyes kemudian dipercaya menjadi juru taktik di klub terakhirnya sebagai pemain di klub Preston North End.

Kerjasama David Moyes dan Preston North End berlangsung selama empat musim. Sang pelatih kemudian direkrut oleh Everton. Di klub yang bermarkas di Goodison Park itu pamor Moyes sebagai pelatih meningkat. Ia berhasil menyulap klub tersebut dengan ciamik.

Setelah kebersamaan dengan Everton selama 11 musim yang membuatnya sukses menjadi seorang pelatih, ia kemudian dilirik sebagai penerus Sir Alex Ferguson di Manchester United. Moyes gabung ke tim setan merah pada 2012/2013. Namun kiprahnya tidak berlangsung lama, Moyes dipecat setelah lima bulan menjadi manajer.

Hasil minor yang didapat Manchester United, adalah alasan dibalik pemecatan Moyes. Bahkan para pengkritik menyebutkan bahwa Moyes bukanlah pelatih yang cocok untuk klub seperti Manchester United, ia lebih layak menangani tim medioker.

Usai di pecat, David Moyes sempat menganggur sebelum ia mendapatkan kepercayaan dari badan sepakbola Eropa UEFA sebagai Analisator Pertandingan. Moyes kemudian menerima pinangan dari klub asal Spanyol, Real Sociedad sebagai pelatih.

Kebersamaan Moyes dengan Real Sociedad hanya bertahan satu musim saja, kemudian ia kembali ke Inggris bergabung ke Sunderland. Sekembalinya Moyes ke Inggris malah menelan pil pahit, Sunderland terdegradasi dan membuat reputasinya sebagai pelatih tercoreng.

Kemudian Moyes tidak melanjutkan kerjasama bersama Sunderland, ia kemudian menerima pinangan dari West Ham pada pertengahan musim 2017/2018 dengan misi menyelamatkan tim dari zona degradasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan