Mohon tunggu...
Yudi Kresnasurya
Yudi Kresnasurya Mohon Tunggu... Administrasi - PRIBADI BIASA

BERSYUKURLAH MAKA ENGKAU BAHAGIA

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mengisi Kemerdekaan pada Zaman Milenial

4 Agustus 2021   15:14 Diperbarui: 4 Agustus 2021   15:24 127 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengisi Kemerdekaan pada Zaman Milenial
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Perjuangan merebut kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia mencapai puncaknya pada tanggal 17 Agustus 1945 yakni dengan adanya Proklamasi Kemerdekaan. Puncak perjuangan maksudnya adalah adanya Proklamasi menandai Bangsa Indonesia menyatakan sebagai bangsa yang berdaulat, tidak dijajah lagi, berdiri di atas kaki sendiri, tidak disetir oleh bangsa lain walaupun pada saat itu ada aksi dari bangsa lain yang menginginkan menjajah Indonesia kembali. Proklamasi Kemerdekaan memang puncak perjuangan merebut kemerdekaan, namun demikian bukan berarti perjuangan Indonesia selesai, justru Proklamasi merupakan gerbang masuk bagi Bangsa Indonesia untuk kemudian berjuang selamanya mengisi kemerdekaan.

Pada zaman milenial seperti sekarang, mengisi kemerdekaan sangat penting untuk dilakuan oleh segenap bangsa apapun strata sosial yang dimilikinya. Perjuangan mengisi kemerdekaan tidaklah kalah penting justru dengan perjuangan mengisi kemerdekaan akan selalu ada selama Indonesia ada. Mengsisi kemerdekaan dengan sesuatu yang bermanfaat berarti menghormati perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Pada zaman milenial sekarang ini cara mengisi kemerdekaan dapat dilakukan dengan berbagai cara apalagi dengan memanfaatkan teknologi yang sudah demikian pesat berkembang. Misal bagi generasi milenial yang sangat menyukai dunia maya maka bisa membuat aplikasi -- aplikasi yang membantu masyarakat dalam melaksanakan suatu usaha atau kegiatan. Tak dapat dipungkiri bahwa penggunaan media sosial dapat membantu menyebarkan informasi yang penting dan bermanfaat sehingga ketika dapat membuat suatu aplikasi yang bermanfaat bisa disebarkan melalui media sosial sehingga masyarakat akan banyak terbantu.

Selain melalui media sosial yang berbasis internet, mengisi kemerdekaan pada zaman milenial ini dapat dilakukan dengan menjaga integritas bangsa dari serangan produk -- mproduk asing. Maka bisa dilakukan dengan inovasi membuat produk -- produk yang tidak kalah kualitasnya dengan produk luar.

Selain kegiatan -- kegiatan tadi masih sangat banyak yang bisa dilakukan oleh masyarakat dalam mengisi kemerdekaan di zaman milenial. Serta sangat penting tidak terpengaruh atau tidak terprovokasi oleh berita -- berita hoax, ataupun berita -- berita yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN