Mohon tunggu...
Yudi Kresnasurya
Yudi Kresnasurya Mohon Tunggu... PRIBADI BIASA

BERSYUKURLAH MAKA ENGKAU BAHAGIA

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Sholat dan Puasa

23 April 2021   10:17 Diperbarui: 23 April 2021   10:19 100 1 0 Mohon Tunggu...

Umat Islam di dunia tentu mengerti tentang sholat dan puasa (Puasa Ramadhan). Keduanya termasuk ke dalam Rukun Islam dan sama-sama memiliki kaitan. Pada Bulan Ramadhan, seluruh Umat Islam yang telah memenuhi syarat,  wajib menjalankan ibadah puasa, sedangkan ibadah sholat tidak tergantung dengan bulan. Ibadah Sholat (Sholat Fardhu) wajib dikerjakan 5 kali dalam sehari semalam oleh Umat Islam yang sudah masuk kewajibannya. Sholat merupakan  tiang agama, sehingga bila sholat ditegakkan maka agama pun akan kokoh, tetapi sebaliknya jika sholat ditinggalkan maka agama yang bersangkutan akan berantakan.

Bisa dilihat dalam keseharian bahwa Umat Islam yang disiplin melaksanakan sholat terlebih sholat berjamaah, maka perilakunya akan terjaga dengan baik. Sholat yang dilakukan dengan baik akan mudah mengantarkan orang tersebut melaksanakan ibadah - ibadah lainnya dengan baik, seperti mengaji al-qur'an, sedekah, menghormati orang lain, husnudzon, tidak sombong, murah hati dan sebagainya. Begitu juga ketika memasuki Bulan Ramadhan, Umat Islam yang disiplin sholat akan melaksanakan ibadah Puasa Ramadhan dengan penuh antusias, menjaga segala pandangan, pendengaran, tingkah laku bahkan hati sehingga ibadah puasa yang dilakukannya bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban saja, tetapi ibadah puasa yang penuh dengan kualitas.

Ibadah puasa sendiri adalah ibadah yang mempunyai nilai tersendiri. Ibadah Puasa akan diberikan penilaian langsung oleh Allah SWT, berbeda dengan ibadah-ibadah lainnya. Berapa besar pahala yang akan diterima oleh yang berpuasa, Allah-lah yang langsung memberinya. Namun pada Bulan Ramadhan ini bisa dilihat bahwa ada Umat Islam yang melakukan puasa tetapi tidak melaksanakan sholat, bagaimana bisa terjadi ? Sesungguhnya hal tersebut bisa terjadi karena sudah disebutkan di atas, bahwa sholat adalah tiang agama, sehingga bila orang yang disiplin menjaga sholatnya maka akan mudah melakukan ibadah-ibadah lainnya termasuk puasa, tetapi orang yang berpuasa belum tentu menjalankan sholat karena puasa bukanlah tiang agama. Puasa adalah ibadah yang istimewa namun untuk melakukan ibadah puasa dengan baik,  harus mempunyai basis yang kuat yakni sholat. Banyak yang harus diluruskan oleh orang yang berpuasa yakni jika ingin ibadah puasa mereka berkualitas maka benahi selalu sholat, disiplinkan diri untuk menjaga sholat, sehingga ibadah puasa yang dilakukan akan bernilai tinggi. Banyak orang yang beribadah puasa tetapi lalai sholatnya, tetapi orang yang rajin dan disiplin menegakkan sholat maka pasti akan terjaga puasanya.

VIDEO PILIHAN