Mohon tunggu...
Yudi Kresnasurya
Yudi Kresnasurya Mohon Tunggu... PRIBADI BIASA

BERSYUKURLAH MAKA ENGKAU BAHAGIA

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hikmah Isra' Mi'raj bagi Manusia

24 Maret 2020   15:03 Diperbarui: 24 Maret 2020   15:31 322 1 0 Mohon Tunggu...

Peristiwa Isra' -- Mi'Raj merupakan salah satu peristiwa yang mengandung hikmah sangat banyak bagi manusia di muka bumi. Bagaimana tidak, peristiwa Isra' -- Mi'raj hingga kini tetap dijadikan salah satu pijakan bagi beberapa cabang ilmu sain untuk mengungkap banyak penemuan baru yang sangat berguna bagi manusia. Sudah banyak penemuan yang dapat mendukung peristiwa Isra' -- Mi'raj memang benar -- benar terjadi dan bukan hanya khayalan belaka.

Bagi umat muslim sendiri, peristiwa Isra' -- Mi'raj memiliki nilai keagamaan yang sangat penting, salah satunya bahwa hasil dari kejadian tersebut, umat muslim diberikan kewajiban untuk menunaikan sholat fardhu 5 kali dalam sehari semalam.  Sholat sendiri mengandung hikmah yang sangat beragam bagi kehidupan manusia itu sendiri. Bisa dibayangkan betapa besar hikmah yang ada dalam peristiwa Isra' -- Mi'raj.

Penulis ingin berbagi pengetahuan yang dimiliki penulis dalam menggali hikmah Isra' -- Mi'raj, tidak terbatas bagi kaum muslim saja. Hikmah Isra' -- Mi'raj banyak mempengaruhi kehidupan manusia tidak hanya terbatas bagi kaum muslim saja. Beberapa hikmah Isra' -- Mi'raj bagi manusia adalah :

Mendukung perkembangan ilmu sain. Banyak para ilmuwan dunia sebelumnya tidak percaya dengan kejadian Isra' -- Mi'raj. Namun demikian banyak dari para ilmuwan tersebut yang kemudian seperti tertantang untuk membuka rahasia dari sebagian peristiwa Isra' -- Mi'raj. Seperti bagaimana mungkin manusia dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang sangat jauh dan kembali lagi ke tempat semula hanya dalam waktu yang sangat singkat. 

Ternyata peristiwa ini membuka pikiran banyak ilmuwan untuk membuat berbagai alat yang mampu membawa benda -- benda dari satu tempat ke tempat lainnya dalam waktu singkat padahal jaraknya sangat jauh. Beberapa penemuan tersebut akhirnya ditemukan mulai pesawat terbang hingga internet di zaman modern sekarang ini. Prinsip dasar semua penemuan tersebut adalah membawa atau menggerakkan benda untuk mengantarkan benda -- benda lain ke suatu tempat dengan waktu yang singkat walaupun jaraknya sangat jauh.

Menambah keyakinan akan Kuasa Ilahi. Bagi umat yang beragama khususnya kaum Muslim, peristiwa Isra' -- Mi'raj tentu akan dimaknai sebagai pertunjukan kekuasaan dari Alloh Swt yang memang hanya Dia yang Maha Kuasa atas segala -- galanya. Berbagai hal yang secara akal tidak mungkin terjadi atau tidak mungkin dilakukan oleh manusia, namun kalau Dia sudah berkehendak, tidak ada satupun yang mustahil. 

Begitu juga perjalanan manusia dari bumi ke langit teratas yang hingga saat ini tidak pernah terjadi oleh kuasa manusia sendiri, namun hal tersebut dapat terjadi pada diri Nabi Muhammad Saw, tentu atas kuasa dan kehendak Dia. Manusia hanya berusaha mengikuti jejak yang sudah dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw namun tentu saja sangat terbatas, dan ini pun tetap kehendak-Nya untuk memberikan petunjuk bahwa peristiwa Isra' -- Mi'raj memang benar -- benar terjadi.

Dengan demikian peristiwa Isra' -- Mi'raj memberikan pengaruh pada perilaku manusia di dunia ini. Perilaku ini bisa dalam menambah keimanan manusia sehingga manusia semakin mengerti tentang keagungan Tuhan, Alloh Swt . Supaya manusia tidak berani berbuat sombong dan angkuh karena merasa dirinya tidak ada arti apa -- apa dibandingkan kekuasaan Ilahi. Selain itu perilaku manusia menjadi lebih kreatif karena terdorong untuk menggali dan membuka rahasia alam yang masih sangat banyak yang diilhami oleh peristiwa Isra' -- Mi'raj.

VIDEO PILIHAN