Mohon tunggu...
Yudi Rahmatullah
Yudi Rahmatullah Mohon Tunggu... Freelancer - Travel Writer

Reading for writing, Traveling for sharing

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi | Bumi Manusia

5 Maret 2019   13:15 Diperbarui: 7 Maret 2019   09:50 273
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tidak tahu apa arti bumi manusiatidak perlu juga aku mencari kebenarannyaaku hanya menikmati tokoh dan ceritanya
sepeti nyata,  
walau hanya sepenggal fiksi belaka
aku jadi tahu kehidupan zaman dahulu
zaman dimana Belanda berkuasa
ketika pengaruh Eropa tak terindahkan
zaman yang penuh ketabahan
bagi Minke, bagi Annelis,
bagi orang -orang yang melawan gula
aku akhirnya tahu kehidupan zaman dahulu
yang tentu berbeda dengan zamanku sekarang
aku tidak ingin hidup dizaman itu
walau aku mengenal serpihannya
di kehidupanku sekarang
jadi, apakah zaman berubah?
tentu berbeda,
dengan ego yang mungkin sama

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun