Mohon tunggu...
Yudhistira Widad Mahasena
Yudhistira Widad Mahasena Mohon Tunggu... Desainer - Designer, future filmmaker, K-poper, Eurofan.

He/him FDKV Widyatama '18

Selanjutnya

Tutup

Music

Memberikan Leader kepada Grup K-Pop yang Tidak Memiliki Leader

5 Agustus 2022   20:00 Diperbarui: 5 Agustus 2022   20:03 70 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Bismillahirrahmanirrahim.

Leader, atau pemimpin, adalah posisi paling penting di grup K-pop. Leader bertugas memimpin dan melekatkan hubungan antar anggotanya. Dialah yang menimbulkan kekompakan bagi teman-temannya agar sukses. Sebut saja U-Know Yunho, Leeteuk, Taeyeon, Onew, Victoria, G-Dragon, CL,  Son Jihyun, Yoon Doojoon, Hyolyn, Suho, RM, Jay B, Solar, Sowon, Hyojung, Shownu, Chaekyung, Jihyo, Exy, Jinjin, Bang Chan, Haseul, Hongjoong, Yeji, Soobin, Yeonhee, Soojin, Keeho, Sumin, Jungwon, Juhyeon, Yujin, Haewon, LEW, Hyeju, Chaewon, dll. Merekalah sosok di balik kompaknya grup-grup K-pop terpopuler saat ini.

Tetapi... ada beberapa grup K-pop yang tidak memiliki leader. Melansir dari situs web pinkvilla.com, ada 22 grup K-pop tanpa leader. Dan inilah yang akan saya lakukan. Saya mengizinkan diri saya sendiri untuk menunjuk seorang leader di antara beberapa grup tersebut.

22 grup K-pop tanpa leader:
1. 2PM
2. Miss A
3. Blackpink
4. Secret Number
5. Fanatics
6. Purple Kiss
7. Billlie
8. ViViZ
9. Cignature
10. Oneus
11. AOA
12. Cherry Bullet
13. Wonder Girls
14. Busters
15. Stellar
16. J.Y.J.
17. KARD
18. Akdong Musician
19. KHAN
20. Wooseok x Kuanlin
21. iKON
22. AB6IX

Kita hanya akan membahas grup-grup yang dicetak tebal saja, karena mereka lebih pantas diberikan leader di antara semua grup tak ber-leader ini.

Yang pertama adalah 2PM. Awalnya mereka debut dengan formasi Jaebeom (Jay Park), Jun.K, Nichkhun, Taecyeon, Wooyoung, Junho, dan Chansung. Namun, karena terlibat skandal, Jay Park memutuskan keluar dari 2PM. Dulu dia menjabat sebagai leader. Sejak saat itu mereka tidak pernah menunjuk anggota lain untuk jadi leader.

Saya rasa Jun.K pantas menjadi leader 2PM pengganti Jay Park. Selain tegas dan kebapakan, dia juga tampak dewasa dan dapat melekatkan keeratan di antara adik-adiknya.

Grup kedua adalah Miss A. Miss A adalah salah satu di antara beberapa grup K-pop yang debut tanpa leader, dan mereka memilih untuk tidak menunjuk leader karena ikatan kuat antara para anggota. Fei, Jia, Min, dan Suzy adalah empat cewek cantik yang tergabung dalam girl group yang konsisten mengusung konsep seksi sejak debut tahun 2010 ini.

Siapa yang paling pantas menjadi leader Miss A, jika mereka punya? Oho, jelas Fei. Biasanya posisi leader identik dengan si sulung, dan Fei cocok menjadi leader Miss A.

Oh ya, 2PM dan Miss A sama-sama bernaung di bawah JYP Entertainment.

Grup ketiga yang akan kita bahas adalah grup yang namanya menjadi sorotan karena menjadi girl group K-pop pertama dengan anggota asli negara kita, Indonesia. Secret Number debut pada tanggal 19 Mei 2020 dengan formasi Lea, Dita, Jinny, Soodam, dan Denise. Sayangnya, per 7 Februari 2022, Denise mengumumkan keluar dari Secret Number karena habis kontrak dengan Vine Entertainment. Dia digantikan oleh Minji dan Zuu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan