Mohon tunggu...
Yudhistira Widad Mahasena
Yudhistira Widad Mahasena Mohon Tunggu... Desainer - Hanya seorang mahasiswa desainer grafis yang hobi jalan kaki, suka K-pop, dan menggilai Eurovision Song Contest.

He/him FDKV Widyatama '18

Selanjutnya

Tutup

Musik

Kep1er, Siapa Mereka dan Mengapa Mereka Layak Disebut "Masa Depan K-Pop"?

23 Oktober 2021   12:49 Diperbarui: 23 Oktober 2021   12:53 490 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Bismillahirrahmanirrahim.

Kemarin, malam final acara survival show "Girls Planet 999" digelar dengan sangat meriah. Dibawakan oleh aktor kawakan Yeo Jingoo, acara "Girls Planet 999", atau yang biasa kita singkat GP999, bertujuan menyatukan trainee dari Cina, Korea, dan Jepang untuk membuat girl group global - girl group yang nantinya akan meningkatkan popularitas K-pop di Asia dan dunia. Para member grup ini dipilih berdasarkan hasil voting dari Planet Guardians - pemirsa setia GP999.

Girl group tersebut punya nama: Kep1er. Nama grup ini tidak jauh dari tema "luar angkasa" yang diusung GP999. Selama 11 minggu, 99 trainee dikumpulkan dalam satu acara untuk menentukan siapa sembilan member yang akan debut dengan Kep1er. Dan seperti yang Anda duga, nama "Kep1er" berasal dari nama astronom Jerman, Johannes Kepler, dengan huruf "l" di nama beliau diganti dengan angka 1. Beliaulah yang mengemukakan tiga hukum sistematis yang menjelaskan mengenai pergerakan planet-planet.

Dan inilah kontestan GP999 yang berhasil debut dengan Kep1er:
1. Kim Chaehyun
2. Bahiyyih Huening
3. Choi Yujin
4. Kim Dayeon
5. Seo Youngeun
6. Kang Yeseo
7. Hikaru Ezaki
8. Mashiro Sakamoto
9. Shen Xiaoting

Jika ada nama yang Anda rasa familiar, saya memiliki perasaan yang sama juga. Kim Chaehyun adalah mantan trainee SM Entertainment yang seharusnya debut dengan Aespa, namun tidak jadi. Kang Yeseo adalah mantan anggota Busters, girl group asuhan Marbling Entertainment dan JTG Entertainment. Mashiro Sakamoto adalah mantan trainee JYP Entertainment dan pernah muncul di acara survival show "Stray Kids" bersama sejumlah trainee cewek yang nantinya tergabung dalam Itzy. Shen Xiaoting adalah mantan kontestan "Chuang 2020" yang dibawakan mantan anggota EXO, Tao - dan dia adalah piluhan saya untuk masuk Kep1er setelah Cai Bing tereliminasi dari GP999 secara tragis. (Saya masih marah dengan fakta bahwa Cai Bing - kontestan tertua dan pekerja keras - dikalahkan di babak eliminasi ketiga.)

Choi Yujin adalah anggota girl group CLC - alias girl group paling sukses di Cube Entertainment tapi digagalkan agensi sendiri. Saya ingat Yujin menangis ketika bercerita bahwa tahun ini CLC pada dasarnya sudah tinggal nama. Alias, mereka sebenarnya sudah bubar.

Tidak ada yang saya tahu tentang Kim Dayeon, Seo Youngeun, dan Hikaru Ezaki. Mereka cantik dan berbakat. Itu saja.

Dan jika kalian merasa familiar dengan seseorang ketika melihat wajah seorang Bahiyyih Huening, itu karena wajahnya yang cantik seperti bule mengingatkan kita kepada maknae alias anggota termuda boy group TXT, yaitu Huening Kai. Yap, Kai adalah kakak Bahiyyih. Ayah mereka, Nabil David Huening, adalah keturunan bule. Nabil menikah dengan seorang wanita Korea sebelum dikaruniai tiga anak: Kai, Bahiyyih, dan kakak sulung mereka, Lea. Sayangnya, Nabil dan istrinya sudah bercerai dan beliau menikah lagi dengan seseorang bernama Anne-Caroline. Saya mendapat fakta ini dari kprofiles.com.

Menurut saya, Kep1er sangat spesial dan layak disebut masa depan K-pop. Mereka digadang menjadi girl group K-pop paling game-changing di tahun 2021 setelah Purple Kiss, TRI.BE, Pixy, Hot Issue, Lightsum, dan bugAboo.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda merasakan hal yang sama? Apakah Kep1er layak disebut masa depan K-pop? Apakah Anda siap nge-stan Kep1er?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Musik Selengkapnya
Lihat Musik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan