Mohon tunggu...
Yudhi Hertanto
Yudhi Hertanto Mohon Tunggu... Penulis - Simple, Cool and Calm just an Ordinary Man

Peminat Komunikasi, Politik dan Manajemen

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bill Gates, Iklim, dan Covid-19

29 Juni 2021   14:29 Diperbarui: 29 Juni 2021   16:28 316 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bill Gates, Iklim, dan Covid-19
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Konspirasi! Itu adalah meta teori tentang segala hal yang masih belum tersingkap oleh ilmu pengetahuan. Sialnya, menjadi manusia sekelas Bill Gates jelas mudah menjadi sasaran tembak. 

Bos Microsoft itu selain merupakan orang terkaya di muka bumi, juga disebut menjadi pihak yang bertanggung jawab atas pandemi Covid-19, tersebab prediksinya mengenai ancaman wabah.

Gilanya, pendanaan besar dialirkan yayasan Bill Gates untuk segera menemukan vaksin Covid-19. Tuduhan berlanjut, pandemi adalah rekayasa dan manipulasi dari kepentingan ekonomi.

Tapi itulah konsekuensi yang harus ditanggung oleh Bill Gates. Bersama kekuatan yang besar, terdapat tanggung jawab yang setimpal, begitu tamsil yang menggambarkan kondisinya.

Dalam buku, How to Avoid A Climate Disaster, 2021, Bill Gates menjelaskan persoalan pandemi di bagian penghujung uraiannya. Beberapa hal penting saling terkait dalam buku tersebut.

Sebenarnya tulisan Bill Gates secara garis besar menyoroti dampak emisi karbon dan pemanasan global. Hal itu secara panjang lebar diurainya sebagai tantangan kehidupan masa mendatang.

Terdapat potensi bencana yang akan terjadi bila kita tidak mulai menyadari dampak bahaya yang dapat ditimbulkan akibat perubahan iklim yang terjadi. Kita jelas tidak dapat melarikan diri.

Bumi sebagai tempat hidup manusia dan segala modernitas yang telah dicapai, menghadirkan sisi kemajuan bersamaan dengan membawa kontras sisi kelam hasil eksploitasinya.

Kenaikan suhu permukaan bumi, meski hanya satu derajat celcius, tidak pelak menjadi sebuah ancaman terbuka bagi kemampuan dukungan alam bagi kehidupan manusia.

Pemanasan bumi, menyebabkan butterfly effect menjadi efek berkesinambungan dengan berbagai masalah lain, naiknya air muka laut, kematian spesies, kemarau panjang dan lainnya.

Hal itu, perlu ditinjau ulang, dipikirkan hingga dituntaskan dengan berbagai cara. Bagi Bill Gates keseluruhan persoalan ini dapat ditangani jika ada komitmen mereduksi emisi karbon.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN