Mohon tunggu...
Yudhi Hendro
Yudhi Hendro Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Seorang suami dan ayah dari empat orang anak. Bekerja di salah satu perusahaan swasta di Kalimantan. Mengelola blog pribadi : yudhihendros@wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Membahagiakan Orangtua dengan Cara Sederhana

28 April 2015   08:31 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:36 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

“Kok Mas Yudhi sekarang nggak pernah komen di BBM”kata ibu mertua ke istri saya.

Mendengar komentar seperti itu dari istri, terus terang saya kaget. Rupanya selama chatting di Black Berry Messenger, ibu selalu memperhatikan siapa saja anak-anak dan menantunya yang jarang bahkan nggak pernah komentar. Dan salah satunya adalah saya. Selama ini saya memang jadi silent reader.

Bagi saya nggak pernah komentar di BBM bukanlah satu masalah, tapi bagi beliau hal itu bisa jadi pertanyaan besar. Ada apa menantuku yang satu ini kok nggak mau komentar lagi? Apa nggak sreg dengan status yang ada? Apa lagi sibuk dengan pekerjaannya? Berbagai pertanyaan dalam hati beliau yang nggak pernah saya pikirkan.

Saya dan keluarga istri memang punya grup di BBM. Sebuah nama grup yang diambil dari nama jalan dimana bapak dan ibu mertua tinggal di daerah Pringwulung, Gejayan, Jogja.

Satu hal yang bikin saya salut dengan ibu mertua adalah semangatnya untuk belajar menggunakan gawai. Terampil upload foto, bikin status dan menanggapi komentar anak-anak dan menantunya. Padahal beliau sudah berumur 65 tahun, tapi masih suka ngobrol di BBM.

Waktu saya tanya sama istri,”Mama bisa BBM-an siapa yang ngajarin?”.

“Belajar sendiri, Mas”jawab istri.

Kegiatan beliau saat ini memang tidak sesibuk seperti saat bapak mertua masih aktif sebagai PNS. Selain chatting sama anak-anak dan menantunya, hari-harinya biasa diisi dengan arisan, pengajian, senam dan merawat rumah.

Beberapa hari lalu, saat beliau upload foto rumah di Jogja, banyak sekali komentar dari adik-adik istri, termasuk suami dan istrinya. Saya pun akhirnya ikut nimbrung dan bilang,

”Lihat rumah itu jadi ingat 18 tahun yang lalu. Ada 3 in 1 di tahun 1997. Bulan Pebruari silaturahmi ke rumah, bertemu eyang putri dan eyang kakung. Mei naik motor berdua sama Nina ke KUA. Puncaknya bulan Juli waktu akad nikah”.

Komentar lanjutan pun bermunculan. Adik istri yang nomor dua bilang,”Nostalgia nih…suit-suit”. Istri dari adik ipar yang bungsu juga nulis,” Salut sama mas Yudhi. Masih ingat dengan kejadian-kejadian kecil masa lalu”.

Nggak cuma itu, saya komentar lagi,”Sekarang sih komunikasi enak ya. Bisa pakai BBM, WA atau email. Dulu kami berdua pakai surat-suratan yang ditulis tangan. Nunggu balasannya bisa sampai dua minggu. Tapi anehnya waktu terima surat, hati kok berdebar-debar ya. Sampai sekarang surat itu masih saya simpan, lho”.

Tanpa saya duga beliau langsung menanggapi,”Nanti kalau ke Jogja, bawakan suratnya yang bisa bikin hati Mas Yudhi berdebar-debar, ya. Saya kok pingin baca”. Hah.

Ramai sekali tanggapan di grup. Yang bikin istri saya tertawa ketika membaca komentar dari istri adik bungsunya yang tinggal di Jakarta, “Mama kok kepo bingiits sih”.

Akhirnya beliau komentar lagi,”Tadi itu cuma guyon. Kalau kata orang Jogja biar tambah gayeng ngobrolnya”. Oh, rupanya ibunda lagi bercanda, saya pikir serius.

Baru saya sadari, ternyata perhatian yang kita anggap sepele buat orangtua, merupakan hadiah tak ternilai yang dapat membahagiakannya. Meski hanya memberikan komentar dan ngobrol di BBM, sudah lebih dari cukup untuk menghibur dan menyenangkan hatinya.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun