Mohon tunggu...
Yudha Setya Nugraha
Yudha Setya Nugraha Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas

Freelance Content Writer. Automotive, Movies and games Enthusiastic. Still developing, still learning. Jomblo dan bahagia. I always gave my best in every article.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Honda VTR1000SP Motor Dua Silinder Terkencang Milik Honda yang Dijuluki "Ducati untuk Orang Kere"

2 Maret 2021   14:07 Diperbarui: 2 Maret 2021   14:59 852
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Honda VTR1000SP. Sumber Gambar: www.AkiRacing.com

Kita seringkali lebih ingat Honda CBR1000R daripada Honda VTR1000SP, saudaranya yang sering disebut sebagai "Ducatinya orang kere"

Honda VTR1000SP atau RC51 adalah motor yang dikembangkan oleh Honda untuk bersaing melawan kedigdayaan Ducati di kejuaraan World Superbike pada tahun 90an. Ducati berhasil mendominasi Superbike saat itu, karena memanfaatkan celah regulasi yang memperbolehkan kapasitas kubikasi mesin lebih besar untuk motor dengan silinder mesin lebih sedikit. Alhasil pada tahun 1988 Ducati mengeluarkan Ducati 851 bermesin dua silinder V Twin dengan kapasitas mesin 851cc. Ducati lalu terus mendominasi kejuaraan Superbike dengan Ducati 888 dan 916 yang merupakan penerus dari Ducati 851.

Motor Honda saat itu, Honda RVR750R memiliki kapasitas kubikasi mesin sebesar 750cc bermesin empat silinder V4. Dikarenakan mesin empat silinder kurang memiliki torsi yang baik, Honda kesulitan mengimbangi Ducati di awal balapan. Kapasitas mesinnya yang hanya 750cc juga menjadi penghalang karena sangat underpower dibandingkan motor-motor Ducati. Honda pun sulit untuk konsisten berada di barisan depan persaingan kejuaraan Superbike pada waktu itu.

Meski di tunggang oleh juara bertahan, RVR750R tidak mampu bersaing dengan Ducati. Sumber Gambar: www.pinterest.com
Meski di tunggang oleh juara bertahan, RVR750R tidak mampu bersaing dengan Ducati. Sumber Gambar: www.pinterest.com

Maka untuk merebut kembali tahta Superbike, Honda harus membuat motor yang bisa mengimbangi Ducati. Jalan satu-satunya kemudian adalah membuat motor dengan arsitektur mesin yang mirip. Maka lahirlah Honda VTR1000SP yang bermesin dua silinder V Twin dengan kapasitas mesin mencapai 999cc. Bersaing melawan Ducati 996, Honda VTR1000SP terbukti mampu untuk menumbangkan kekuasaan tim Borgo Panigale di tahun 2000 dan 2002.

Namun kisah VTR1000SP di lintasan harus selesai di tahun 2004, karena perubahan regulasi superbike saat itu mengharuskan motor berkapasitas 1000cc untuk memiliki empat silinder mesin. Honda VTR1000SP resmi di berhentikan dari dunia balap di tahun 2004 dan diberhentikan produksinya di tahun 2006.

Di tunggang oleh Colin Edwards, Honda sukses merebut dua gelar juara dunia. Sumber Gambar: www.bikesportnews.com
Di tunggang oleh Colin Edwards, Honda sukses merebut dua gelar juara dunia. Sumber Gambar: www.bikesportnews.com

Ducati untuk Orang Kere!

Disamping prestasinya yang mentereng di kejuaraan Superbike, Honda VTR1000SP mendapatkan julukan yang tidak begitu sedap didengar. Honda VTR1000SP seringkali disebut sebagai "Ducatinya orang kere". Julukan ini muncul dari para pengguna Ducati saat itu yang tidak suka dengan keberadaan VTR1000SP. Ada beberapa faktor yang dijadikan para pemberi julukan tidak sedap itu sebagai tameng, beberapa diantaranya adalah:

Arsitektur Mesin Mirip dengan Harga Miring

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun