Mohon tunggu...
Yudha SetyaNugraha
Yudha SetyaNugraha Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu komunikasi UAJY

Communication Studies Student. Automotive and games Enthusiastic. Still developing, still learning. Jomblo dan bahagia. I always gave my best in every article.

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Jika Valentino Rossi Juara Dunia Motogp 2021

13 Februari 2021   14:40 Diperbarui: 13 Februari 2021   18:10 87 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jika Valentino Rossi Juara Dunia Motogp 2021
Valentino Rossi. Sumber Gambar: www.100kpj.com

12 tahun Valentino Rossi puasa gelar. The Doctor terakhir kali menaklukan dunia pada tahun 2009 bersama Yamaha.

Sejak saat itu karir Rossi naik turun paceklik kemenangan. Beberapa kali Rossi dekat dengan gelar namun dia sudah tidak cukup cepat. Tahun ini Rossi lengser ke tim satelit, walau begitu hasratnya untuk memenangkan kejuaran masih sangat kuat. Jika Rossi berhasil menjadi juara pada tahun ini maka dia akan mengukir beberapa sejarah baru.

Gelar Terakhir Rossi di 2009. Sumber Gambar: www.sciencebastards.com
Gelar Terakhir Rossi di 2009. Sumber Gambar: www.sciencebastards.com

Juara Dunia Tertua

Tahun 2021 ini Rossi akan berumur 42 tahun. Rossi dapat bertahan selama ini saja sudah luar biasa, apalagi jika dia memenangkan gelar. Rossi dapat menjadi Juara Dunia Tertua di kelas Motogp. Sebelumnya gelar ini masih dipegang oleh Leslie Graham, dia meraih gelar saat berusia 38 tahun pada tahun 1949.

Lesile Graham sebagai juara kelas utama tertua sampai sekarang. Sumber Gambar: www.GridOto.com
Lesile Graham sebagai juara kelas utama tertua sampai sekarang. Sumber Gambar: www.GridOto.com

Leslie Graham adalah juara dunia pertama kelas para raja 72 tahun yang lalu. Rossi sendiri sebelumnya duduk di peringkat Sembilan juara dunia tertua, saat dirinya berhasil menjadi juara dunia pada tahun 2009 yang lalu. Saat itu Rossi berumur 30 tahun dan berhasil menang melawan Jorge Lorenzo yang masih berusia 22 tahun. Sekarang sebagian besar pesaing Rossi di lintasan berusia antara 20-27 tahun, dengan Danilo Petrucci dan Johan Zarco menjadi yang paling dekat dengan Rossi di umur 30 tahun. Pesaing-pesaing muda ini akan menjadi tantangan besar yang harus Rossi hadapi musim ini.

 

Puasa Gelar Terlama

Biasanya jika seorang pembalap sudah tidak bisa meraih gelar, dia akan pensiun atau pindah ke kejuaraan lain. Edie Lawson (terakhir juara tahun 1989) pensiun setelah tiga tahun tanpa gelar. Casey Stoner (terakhir juara tahun 2011) pensiun semusim setelah meraih gelar terakhirnya. Jorge Lorenzo (terakhir juara tahun 2015) pensiun setelah empat tahun hampa gelar. Kenny Roberts (juara tahun 2000) pensiun tujuh tahun sesudah meraih gelar dan Nicky Hayden pindah ke kejuaraan dunia Superbike 9 tahun sesudah memenangkan gelar tahun  2006.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN