Mohon tunggu...
Yudha Setya Nugraha
Yudha Setya Nugraha Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas

Freelance Content Writer. Automotive, Movies and games Enthusiastic. Still developing, still learning. Jomblo dan bahagia. I always gave my best in every article.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Menilik Perkembangan Media Online di Jepang dan Perannya dalam Menyebarkan Informasi di Negara yang Penuh Keajaiban itu

22 September 2020   11:24 Diperbarui: 22 September 2020   13:15 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Japanese Miracle, Keajaiban ekonomi yang terjadi di Jepang. Sumber: https://www.google.com/www.nippon.com

Jepang terkenal dengan Japanese Miracle, sebuah masa penuh keajaiban dimana perkembangan ekonomi mereka mengalami pertumbuhan tiga kali lipat lebih besar daripada negara-negara lain di dunia, termasuk melampaui negara yang mengalahkan mereka di perang dunia, Amerika Serikat. Japanese Miracle terjadi dari rentang tahun 1950 sampai dengan 1995 di mana pada tahun 1995 ekonomi Jepang menemui titik stabil dan stagnan mereka hingga sekarang, salah satu kunci dari keajaiban ini adalah penyebaran Informasi. 

Perkembangan Internet dan Media Online di Jepang

Orang-orang Jepang memang dikenal pandai dan ulet dalam bekerja, hal ini yang mendorong terjadinya Japanese Miracle. Namun orang Jepang juga dikenal sulit menerima perubahan, sejarah saat terjadinya restorasi Meiji atau pembentukan Demokrasi Taisho menunjukan bahwa orang-orang Jepang cenderung tertutup dan lambat dalam mengikuti perkembangan, begitupun saat Internet masuk di Jepang.

Muneo Kaigo (2017) dalam bukunya "Social Media and Civil Society in Japan" menuliskan perkembangan Internet berlangsung sangat lambat di Jepang pada awal tahun 90an, hal ini disebabkan karena biaya dan rumitnya instalasi internet pada waktu itu. Jepang baru menunjukan perkembangan Internet yang baik saat memasuki tahun 2000an.

Pada tahun 2008 media online mulai berkembang di Jepang, dimulai dengan surat kabar Yomiuri, Nikkei dan Asahi Simbun yang melakukan kerja sama untuk menerbitkan surat kabar mereka secara online di Jepang. Hal ini kemudian di ikuti oleh surat kabar-surat kabar Jepang yang lain, perkembangan media online kemudian mencapai puncaknya pada tahun 2010, di mana masyarakat Jepang secara reguler sudah menggunakan berbagai media online untuk memperoleh informasi. Selain itu, Twitter juga menjadi media sosial paling digemari di Jepang pada tahun 2015 yang lalu.

Memasuki tahun 2010, masyarakat Jepang sudah reguler mengkonsumsi informasi online. Sumber: https://www.google.com/www.pikiran-rakyat.com
Memasuki tahun 2010, masyarakat Jepang sudah reguler mengkonsumsi informasi online. Sumber: https://www.google.com/www.pikiran-rakyat.com

Beberapa Media Online di Jepang

Media Online di Jepang memiliki beberapa karakteristik unik yakni merilis laman online mereka dengan menggunakan dua versi bahasa, bahasa Jepang untuk local release dan bahasa Inggris untuk international release mereka. Beberapa media online Jepang yang dapat dengan mudah diakses di Internet antara lain:

Asahi Shimbun

Asahi Shimbun merupakan surat kabar yang sudah diterbitkan di Jepang sejak tahun 1874 dan merupakan salah satu produk dari adanya restorasi Meiji untuk memodernkan Jepang saat itu. Sama seperti media online Jepang yang lain, Asahi Shimbun memiliki dua web dalam dua bahasa yang berbeda dan menjadi salah satu surat kabar pertama yang membuka layanan surat kabar online di Jepang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun