Mohon tunggu...
Alvin Yudhanto
Alvin Yudhanto Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Bluetooth 5.0, Apa yang Berbeda?

27 April 2017   21:25 Diperbarui: 28 April 2017   11:06 7872
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hampir semua handphone sekarang memiliki fiture Bluetooth, ya fitur dari HP yang bisa digunakan untuk mengkoneksikan HP dengan perangkat bluetooth lainnya. Baru baru ini perusahaan Samsung telah merilis handphone terbaru mereka yaitu Samsung Galaxy S8, dimana produk tersebut adalah keluaran terbaru dan yang tercanggih di bidang handpone yang Samsung produksi. Handphone Samsung Galaxy S8 adalah handphone pertama yang beredar di dunia dengan teknologi Bluetooth terbaru yaitu Bluetooth versi 5.0. 

Kita semua tahu tentang Bluetooth, hampir semua handphone masa kini sudah mempunya teknologi Bluetooth, tetapi dengan versi 4.0 , 4.1 , dan 4.2. Tetapi umumnya perbedaan versi tersebut hanyalah sedikit perubahan dari Bluetooth seperti waktu pairing atau penghubungan antara HP dan alat elektronik dan konsumsi energi baterai yang rendah tergolong biasa saja. Tidak terlalu merubah cara kita menggunakannya, hanya Anda tahu saja jika HP kita mempunyai Bluetooth.

ford-life.com
ford-life.com

Lalu apa yang baru dan berbeda dengan Bluetooth 5.0?

Ada tiga hal utama yang membuat fitur ini lebih.

1. Waktu pairing 2x lebih cepat

Foto: addictivetips.com
Foto: addictivetips.com
Pairing umumnya tidak terlalu cepat jika kita mengubungkan HP dengan alat elektronik yang masih tergolong pertama kali dicoba atau pertama kali dikoneksikan, setidaknya kita harus mengkoneksikan HP dengan alat tersebut lebih sering agar tidak terlalu lambat. 

Tetapi dengan 5.0 pengkoneksian akan 2 kali lebih cepat bahkan dengan alat elektronik yang baru pertama kali kita koneksikan. Selain itu 5.0 juga mengurangi delay atau jeda, jika kita tekan suatu Bluetooth di HP maka akan terjadi delay atau penundaan yang kadang bisa memakan waktu 5-10 detik baru Bluetooth akan pairing lalu terkoneksikan.

2. 4x kali jarak yang ditempuh

Foto: sammobile.com
Foto: sammobile.com
Untuk versi lamanya seperti 4.0,4.1,4.2 jika kita menggunakan Bluetooth untuk mendengarkan musik dari HP ke headphone dan kita meletakan HP lalu kita berjalan keluar ruangan atau berjalan sedikir jauh maka koneksi akan terputus dengan jangka jarak yang relatif dekat yaitu maximal 50 meter dengan syarat lurus tidak ada batas ruang atau tembok dan minimal 10 meter jika digunakan melewati tembok atau berbeda ruangan. Dengan 5.0 maka jangkauan jaraknya 4x lebih luas yaitu maksimal 200 meter dan minimal 40 meter.

3. Bisa dikoneksikan dengan 2 perangkat sekaligus

Foto: volkswagen.co.uk
Foto: volkswagen.co.uk
Fitur ini yang paling berbeda dengan yang lainnya dimana yang versi lamanya tidak bisa melakukan ini. Misalnya menyalakan 2 perangkat elektronik seperti speaker tanpa kabel secara bersamaan. Dimana versi lama hanya bisa satu bluetooth untuk satu perangkat saja.

Nah keren banget kan, jauh berbeda dengan versi lamanya sob...

Foto: Bluetooth
Foto: Bluetooth

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun