Mohon tunggu...
Yudha Setiawan
Yudha Setiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa UPI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kontribusi Mahasiswa KKN UPI dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 1

23 September 2021   19:00 Diperbarui: 23 September 2021   19:55 47 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sebagai seorang mahasiswa, tentu mempunyai peranan dalam memajukan bangsa Indonesia. Salah satunya pada bidang Pendidikan, sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk kemajuan bangsa, dengan adanya pendidikan, generasi muda di Indonesia akan menjadi generasi yang dapat membawa nama Indonesia menjadi negara maju yang bisa dilihat oleh negara lain.

Pada tahun 2019, secara mendadak munculah suatu virus yang menular dan sangat membahayakan yaitu Corona Virus Disease (COVID-19) atau yang kita kenal sekarang sebagai virus Corona

Virus ini menyerang berbagai negara, termasuk negara Indonesia. Virus Corona ini berdampak pada berbagai bidang, termasuk pada bidang pendidikan. Hingga akhirnya, pada awal Maret 2020 pemerintah sepakat untuk membuat peraturan baru mengenai pelaksanaan pembelajaran di tengah pandemi COVID-19 yaitu melaksanakan pembelajaran dari rumah atau yang kita kenal sekarang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dengan adanya peraturan baru mengenai pembelajaran yang dilakukan dari rumah, tentulah bukan hal yang mudah untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran di Indonesia. Banyak elemen pendidikan yang mengalami kendala dalam pelaksanaannya. 

Hingga Menteri Pendidikan Indonesia, Bapak Nadiem Anwar Makarim mengupayakan agar seluruh elemen pendidikan di Indonesia dapat terus berkembang dan meminimalisir kendala yang dialami berbagai elemen pendidikan dengan membuat sebuah program unggulan yaitu Kampus Mengajar dimana program ini dikhususkan bagi para mahasiswa untuk membantu siswa Sekolah Dasar (SD) dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) disaat pandemi ini. Program kampus mengajar tersebut berlangsung selama kurang lebih 3 bulan mulai tanggal 22 Maret 2021 -- 25 Juni 2021.

Karena melihat banyak kendala yang dialami oleh guru maupun siswa, akhirnya mahasiswa Pendidikan Manajemen Perkantoran, Universitas Pendidikan Indonesia, Yudha Setiawan tergerak hatinya untuk membantu Pendidikan di Indonesia. 

Ia akhirnya mendaftarkan diri dan dinyatakan lulus pada Program Kampus Mengajar tersebut lalu ditempatkan di SDN 1 Kertajaya Padalarang yang berada di Jl. U. Suryadi No. 12 Desa Kertajaya Kecamatan Padalarang, Bandung Barat. 

Dalam pelaksanaan program kampus mengajar di SDN 1 Kertajaya Padalarang, Yudha membantu pihak sekolah untuk memperkenalkan dan mempraktekan penggunaan aplikasi Zoom, Google meet dan Google Form yang mana mungkin sudah tidak asing didengar tapi kali ini mereka sendiri yang langsung mempraktekannya.

 Kemudian dalam bidang administrasi Yudha bersama teman kelompoknya membantu pengenalan Spreedsheet yang mana sangat membantu dalam proses administrasi dan juga Yudha beserta rekan mahasiswa kampus mengajar lainnya membantu berbagai permasalahan yang dialami saat pembelajaran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan