Mohon tunggu...
Yuda Candra
Yuda Candra Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

sedang melaksanakan kkn tim 2 undip

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa Undip Ajak Masyarakat Kelurahan Kaliabang Tengah Lawan Badai Covid Gelombang 2

29 Juli 2021   13:15 Diperbarui: 29 Juli 2021   13:56 86 1 0 Mohon Tunggu...

Bekasi (29/07/2021) Sudah lebih dari satu tahun negara kita berjuang dalam menangani kasus Covid-19 ini, bahkan negara-negara di seluruh dunia pun juga masih terus berjuang. Di Indonesia kasus positif Covid-19 masih terus bertambah meski sudah berbagai kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

Sampai saat ini pemerintah masih menerapkan perpanjangan PPKM Darurat se Jawa-Bali level 4 sampai tanggal 2 agustus. Meskipun sudah ditetapkan gerakan protokol kesehatan dan PPKM masih saja banyak masyarakat yang melanggar dan mengabaikan protokol dan PPKM yang diberlakukan tersebut. 

Banyak masyarakat yang sudah merasa bosan karena terlalu lama berdiam diri dirumah sehingga mereka memilih untuk melakukan perjalanan wisata yang sebenarnya hal tersebut malah akan membuat kasus Covid-19 ini menjadi bertambah. Pelanggaran lainnya yang sering terjadi adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam memakai masker dan menjaga jarak.

Dokpri
Dokpri

Dengan belum ditemukannya obat yang tepat untuk menangani Covid-19, kita sebagai warga negara harus terus mengikuti dan menaati peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

Mulai dari menjalankan gerakan protokol kesehatan 5M, yaitu : Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Membatasi mobilisasi dan interaksi. Gerakan protokol kesehatan 5M juga membantu para dokter dan tenaga medis untuk mengurangi kasus baru yang akan mereka tangani.

Selain itu juga masker menjadi atribut yang wajib dipakai guna menghindari penularan virus Corona. Penggunaan masker yang dianjurkan sebelumnya hanyalah satu buah masker, baik itu masker bedah, masker KN95, atau masker kain dengan ketentuan khusus. 

Namun, kini masyarakat diimbau untuk meningkatkan perlindungan diri dengan memakai masker double. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa penggunaan masker dobel dapat mencegah penularan Covid-19 dengan lebih efektif daripada penggunaan satu masker saja, meskipun masker yang digunakan sudah masker bedah.

Maka oleh sebab itu saya Yuda Candra Wibowo, selaku mahasiswa KKN, dengan mengajak masyarakat di Kelurahan Kaliabang Tengah melalui edukasi untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap Gerakan 5M dan mewajibkan memakai double masker selama di luar rumah. 

Sosialisasi yang saya lakukan dengan cara mengirimkan konten kreatif berupa media poster kepada Bapak RT setempat untuk di sebarkan melalui Whatsapp Grup yang sering digunakan warg, selanjutnya secara door to door  dengan mendatangi beberapa pedagang kaki lima disekitar Kelurahan Kaliabang Tengah untuk membagikan vitamin serta masker dan mengajak langsung untuk memakai double masker.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN