Yudha Bantono
Yudha Bantono Dokter Hewan

Veterinarian, Art and architecture writer yubantono@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Yuk Melancong ke Bali di Sanur Village Festival 2018

22 Juli 2018   13:34 Diperbarui: 22 Juli 2018   17:36 423 4 1
Yuk Melancong ke Bali di Sanur Village Festival 2018
Dokumentasi pribadi

Menikmati pemandangan pantai di Pulau Bali di kala sunrise sambil mengabadikan foto dijamin membuat pelancong akan merindukan Pantai Sanur. Desa yang sudah menjadi perkampungan internasional karena pariwisatanya yang telah berkembang cukup lama.

Matahari terlihat memerah seperti malu-malu menampakkan diri, merangkak naik sampai lurus tatapan mata. Terlihat para pelayan restaurant dan staff hotel mulai sibuk dengan rutinitas pagi untuk mempersiapkan wisatawan sarapan pagi. Tak terkecuali masyarakat pemilik arstshop memulai membuka kedainya. Pun demikian dengan nelayan mulai mendekati perahunya untuk mempersipkan program tour membawa wisatawan menikmati panorama pantai Sanur yang terkenal sangat indah.

Beberapa orang pemuda yang berdiri di tepi pantai terlihat mulai menggelar matras sambil menggerakkan badannya, menunggu teman-temannya untuk melakukan asana yoga. Setelah terasa hangat udara pantai, baru terlihat banyak wisatawan dan masyarakat melakukan jogging pagi dan bersepeda. Ini bukan cerita kira-kira, tapi realita bila anda mengunjungi Pantai Sanur di pagi hari.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Setiap pelancong yang telah berkunjung ke Sanur tentu akan punya kisah cerita yang sangat berbeda. Untuk pelancong yang berkunjung di bulan Agustus saya pastikan akan menemukan sensasi yang lebih berbeda pula. Pada tanggal 22-26 Agustus 2018 masyarakat Sanur akan menggelar perayaan tahunan dalam sebentuk festival, mereka menamai dengan Sanur Village Festival atau dikenal juga dengan Sanfest.

Sanur Village Festival bukan saja perayaan berstandar "village" atau desa, namun bila diikuti dan disaksikan, festival ini sangat berselera internasional. Festival yang dihelat pertama kali tahun 2006 telah mengukir sejarah panjang menjadi festival kebanggan masyarakat Bali dan Indonesia. Tahun ini Sanur Village Festival akan dilaksanakan di Pantai Matahari Terbit Sanur. Bertema "Mandala Giri" yaitu terinspirasi dari Gunung tertinggi di Bali yaitu Gunung Agung.

Lantas apa hubungannya dengan Gunung Agung yang telah mengalami erupsi dan beberapa bulan lalu membuat sebagian masyarakat di lereng gunung mengungsi. Ternyata tema Mandala Giri diangkat tidak lain sebagai refleksi menuju kesadaran bersama dalam hal kemanusian, persaudaraan dan kecintaan pada alam.

Bagi pelancong yang belum pernah berkunjung ke Sanur Village Festival, ada banyak program yang bisa dipilih untuk turut berpartisipasi maupun sekadar menikmati suasana festival. Pastinya, festival ini dijamin akan memberikan kenangan indah dan mengesankan, serta dijamin akan membuat para pelancong untuk datang kembali di Sanfest mendatang.

 Agenda Sanur Village Festival

Yuk mari kita catat apa saja yang bisa dinikmati dan diikuti di Sanur Village Festival 2018. Menuju pelaksanaan event utama, selama lima hari yang akan dibuka pada tanggal 22 Agustus 2018, serangkaian acara akan mengawali diantaranya : Kompetisi surfing yang diselenggarakan di Pantai Sanur berlangsung mulai tanggal 10 Agustus 2018. 

Festival Layang-layang Internasional bertempat di Pantai Mertasari Sanur akan berlangsung dari tanggal 16-19 Agustus 2018. Dialog Budaya Mandala Giri, Peluncuran Buku Sanur, dan Pameran Foto Mandala Giri di Griya Santrian Gallery pada tanggal 17 Agustus 2018.  Pameran kartun Globali Sexy di Retro Resto Sanur pada tanggal 18 Agustus 2018.

Dokumentasi nuer_effendy
Dokumentasi nuer_effendy
Untuk program olah raga kejuaraan Tennis Sanur Village Festival akan digelar mulai tanggal 17 Agustus 2018 di Lapangan Tennis Werdapura Sanur. Bersamaan dengan itu juga akan digelar kejuaran Futsal Sanur Village Festival 2018 di Lapangan Futsal Matahari Terbit Sanur.  

Aksi peduli lingkungan hidup seperti tahun-tahun sebelumnya akan dilaksanakan beach clean up di sepanjang Pantai Sanur pada tanggal 19 Agustus 2018. Program aksi peduli lingkungan hidup ini juga akan dilanjutkan dengan pelepasan tukik ke pantai serta penanaman terumbu karang yang akan dilaksanakan selama pelaksanaan festival.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Event Utama

Pelancong yang ingin mengikuti dan menikmati event utama sebagai rangkaian festival, harap mencatat untuk menetapkan tanggal kunjungannya pada 22-26 Agustus 2018. Event utama akan berpusat di venue Pantai Matahari Terbit  Sanur dan sekitarnya.

Pelancong dapat mengikuti program-program pilihan diantaranya Sanur Cycling atau dikenal dengan jelajah Sanur dengan sepeda, yoga, jukung race, food heritage, food festival, food bazar, edukasi lingkungan hidup, fun beach games, ice carving, Sanur bazar, music and cultural show, fashion show, body painting, parade baleganjur, parade budaya, lomba burung berkicau serta aneka acara menarik yang berinteraksi secara langsung dengan pengunjung.

Suasana yang menjadi favorit pengunjung, pelancong dapat menandai waktu saat menjelang terbenamnya matahari. Di main venue sudah mulai hidup dengan beragam program fun, seni, musik, dan food bazar. Pengunjung bisa langsung berinteraksi dengan festival sembari menyeruput minuman maupun mencicipi makanan yang tersedia di stand-stand yang mengelilingi main venue. 

Beragam pilihan makanan dengan harga yang sesuai kantong anda bisa dipilih, dan tentu makanan dengan kualitas restaurant bintang lima maupun yang terkenal di Sanur. Mulai makanan lokal, nusantara, India, Jepang, Italy serta eropa lainnya sangat menggiur untuk dicoba.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Panggung utama selalu menggoda dan selalu pula menghadirkan kejutan yang berbeda. Pengunjung cukup menyiapkan tempat  dekat dengan panggung tentu akan mendapat keistimewaan menikmati gemerlap ragam hiburan festival.

Sanur Village Festival menggelar beragam acara seni budaya, music jazz, reggae, pop, pop Bali, blues, sampai alunan gambelan tradisional, dan sesekali berdialog dengan musik kontemporer. Yang menarik dan biasa ditunggu-tunggu pengunjung adalah kehadiran artist nasional yang menjadi idola sebagian pengunjung. 

Disamping itu yang tidak kalah menarik adalah pertunjukan seni yang mengusung kekuatan jati diri Desa Sanur, maka dihadirkanlah tari Bali dengan iringan gamelan dan seni kreasi lain yang mengelaborasi kreativitas warga. Seniman tari dari Desa Sanur yang berasal dari berbagai banjar yang ada akan tampil dengan garapan baru dengan koreografi yang berbeda dari setiap tampilannya di Sanur Village Festival.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2