Mohon tunggu...
Yuanita Pratomo
Yuanita Pratomo Mohon Tunggu... Freelancer - Mommy

Give a mom a break and she will conquer the world!

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ibu Rumah Tangga, Garda Depan Pendukung Net-Zero Emissions Sekaligus Menjawab Sindiran Greta

25 Oktober 2021   00:02 Diperbarui: 25 Oktober 2021   00:37 258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya menuliskan ini nyaris tengah malam menjelang deadline, demi menepati janji saya pada putri saya yang dengan semangat sudah menggambar ilustrasi yang luar biasa untuk tulisan saya ini, dan demi komitmen saya untuk menyuarakan potensi ibu rumah tangga yang seringkali lupa untuk diperhitungkan.

Greta Thunberg berulah lagi.

Kali ini tidak lagi marah-marah seperti dua tahun yang lalu, tapi menyindir terang-terangan para pemimpin dunia yang dianggap hanya retorika saja dalam menyikapi krisis perubahan iklim, tanpa tindakan nyata.

Sindiran itu diutarakannya dalam pidatonya berjudul "Blah..Blah...Blah" di Milan, Italia, tiga minggu yang lalu.

Greta pun menyinggung tentang net-zero emission yang dicanangkan akan tercapai pada tahun 2050 hanyalah slogan belaka.  

Pedasnya Greta, sepedas cabe rawit merah di halaman belakang rumah saya.

Para pemimpin dunia itu mungkin tidak bisa secara merta menjawab tantangan Greta, tapi ijinkan saya menjawabnya  sebagai ibu rumah tangga.

Pertama, mulai dari membatasi menggunakan kendaraan bermotor.

Saya tidak punya sepeda motor. Dirumah kami hanya ada dua alat transportasi. Sepeda untuk jarak dekat, mobil untuk jarak jauh.

Jadi kalau hanya sekedar ke warung yang jaraknya gak sampai sekilo, ya pakai sepeda saja sudah cukup.

Atau kalau ke sekolah yang ada didalam kompleks, putri saya saya biasakan bersepeda, saya antar pun dengan bersepeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun