Mohon tunggu...
Yuanita Pratomo
Yuanita Pratomo Mohon Tunggu... Freelancer - Mommy

Give a mom a break and she will conquer the world!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Sepotong Cerita Memaknai Hari Guru Sedunia

5 Oktober 2021   20:37 Diperbarui: 6 Oktober 2021   19:13 827
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Illustration by si Cantik 

Saya selalu ingat peristiwa bersejarah bangsa kita yang jatuh pada tanggal 5 oktober.

Hari ini.

Karena tanggal 5 oktober, hari ulang tahun teman saya yang oleh orangtuanya diberi nama ABRI.

Iya, benar. Saya tidak mengada-ada. Maka dari itu saya selalu ingat hari apa ini, tanpa harus menghafalkannya.

Yang saya baru tahu, ternyata tanggal 5 oktober juga adalah HARI GURU SEDUNIA. Bahkan sudah dari tahun 1994 ditetapkan oleh UNESCO, dan seingat saya tak pernah sekalipun saya memperingatinya. Mungkin, karena saya bukan guru.

Bicara tentang guru selalu membuat saya terharu. Teringat kepada para guru yang sudah menorehkan jejak dan membentuk perjalanan hidup saya, dan saya harap ketika para bapak ibu guru tersebut melihat keberadaan saya sekarang, tidak membuat mereka merasa gagal :)

Dari sekian banyak guru yang berjasa mendidik dan menginspirasi saya, ada dua yang paling nyantol di hati.

Ibu Guru bahasa Indonesia di SMP.  

Beliau yang pertama kali menemukan passion menulis saya, dan beliau juga yang mendorong saya untuk berani menulis cerita di mading (majalah dinding) sekolah waktu itu. Seperti biasa, begitu tulisan saya ditempel, beragam reaksi pun bermunculan. Ada yang menikmati, ada yang mencibir, bahkan ada yang menuduh saya menjiplak dari salah satu majalah populer remaja waktu itu.

Tentu saja, saya murka dituduh menjiplak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun