Mohon tunggu...
Yovie AkbarRona
Yovie AkbarRona Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa STIAMAK BARUNAWATI SURABAYA Program Studi Administrasi Bisnis Logistik

Mahasiswa STIAMAK BARUNAWATI SURABAYA Program Studi Administrasi Bisnis Logistik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Pendidikan

19 Desember 2020   21:43 Diperbarui: 19 Desember 2020   21:47 89
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENDIDIKAN, salah satu hal penting yang sangat dibutuhkan oleh semua manusia di bumi ini, ilmu pengetahuan serta wawasan yang luas penting bagi kita semua untuk memilikinya agar dapat hidup yang baik dan layak di masa depan. Tentunya pendidikan mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk kita semua terutama dalam hal untuk mendapatkan pekerjaan nanti, saat ini semua perusahaan pasti memiliki syarat-syarat tertentu untuk menerima tenaga kerja/karyawan dan bisa juga digunakan sebagai penunjang jabatan di perusahaan yang kamu ikuti sekarang.

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi cerita mengenai pendidikan yang saya jalani saat ini, sekarang saya sedang mengemban pendidikan sarjana di STIAMAK Barunawati Surabaya dan sambil bekerja di salah satu cucu perusahaan BUMN yang ada di Surabaya, mungkin banyak dari rekan-rekan yang bertanya sulit ga sih kuliah sambil kerja ? ribet ga sih kuliah sambil kerja ? capek ga sih kuliah sambil kerja ??? pastinya jawabannya ribet, sulit, dan melelahkan, namun semua itu harus di jalani dengan ikhlas, semangat, dan bukan alasan untuk menyerah... Mengapa ??? Karena saya rasa saat anda menjalani pendidikan di instansi manapun akan sangat berpengaruh pada perkembangan dalam diri kalian, relasi dan pengalaman juga bisa kalian dapatkan di  lingkungan sekolah/kampus. Mungkin beberapa dari kalian pernah membaca tentang artikel yang di publish oleh Clayton Alderfer tepatnya pada tahun 1969 yang berjudul " An Empirical Test of a New Theory of Human Need " dimana teori tersebut dikatakan sebagai teori alternative dari teori Abraham Maslow yang menjelaskan tentang 3 kebutuhan manusia ialah :

  • Kebutuhan eksistensi ( Existence needs ).
  • Kebutuhan hubungan ( Relatedness needs ).
  • Kebutuhan pertumbuhan ( Growth needs ).

Teori tersebut saat ini lebih dikenal dengan sebutan teori ERG Alderfer, dari ke 3 teori kebutuhan manusia tersebut saya rasa yang paling dibutuhkan saat ini oleh semua orang ialah mengenai relatedness needs. Karena dengan kita berhubungan dengan banyak orang yang belum pernah kita kenal sebelumnya pastinya kita bisa sharing dengan mereka dan mungkin  bisa menambah wawasan serta pengetahuan juga yang sebelumnya tidak kita miliki, dan tidak menutup kemungkinan bagi kalian yang saat  ini sedang mencari lapangan pekerjaan akan bisa kalian dapatkan dari mereka.  

Jaman sekarang kesuksesan tidak bisa di raih jika ilmu pengetahuan serta wawasan anda tidak luas/minim, kebanyakan di perusahaan jaman sekarang jika pendidikan anda minim pasti akan mengakibatkan anda stuck dalam pekerjaan yang anda lakukan dan tidak bisa berkembang bahkan sulit  mendapatkan promosi jabatan ke level yang lebih tinggi lagi. Apa kalian mau stuck gitu-gitu aja ?? saya yakin tidak,  semua orang pasti menginginkan untuk naik ke level yang lebih tinggi lagi dan mendapatkan gaji dengan nominal yang lebih dari sekarang serta pengalaman yang lebih banyak lagi.

Sedikit pesan dari saya, tetap semangat untuk kalian yang sedang menjalankan kesibukan seperti yang saya jalankan sekarang, jangan pernah merasa nyerah ataupun bosan untuk menimba ilmu serta mencari wawasan, jalani dengan ikhlas agar nanti kalian dapat menikmati hasilnya di waktu yang akan datang... dan untuk rekan-rekan yang saat ini masih mengemban pendidikan di tingkat SMA/SMK tetap semangat dan lanjutkan pendidikan mu sampai setinggi mungkin, dunia pekerjaan sudah menunggu mu diluar sana.

Semoga kita semua bisa mendapatkan kehidupan yang kita ingin kan nantinya, yang terpenting jangan lupa ber do'a di setiap langkah yang anda jalani saat ini. God bless you guys.....

Sekian,

Terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun