Mohon tunggu...
Youvita Almas
Youvita Almas Mohon Tunggu... Guru - Guru

Suka memasak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan 1.3

5 Desember 2022   08:06 Diperbarui: 5 Desember 2022   08:23 365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3

Pada modul 1.3 Calon Guru Penggerak dapat merumuskan visi yang menggerakkan hati dan kolaborasi dalam mewujudkan profil Pelajar Pancasila. CGP harus dapat mewujudkan pencapaian visi melalui prakarsa perubahan yang apresiatif dan positif. Seperti filosofi Pemikiran KHD bahwa Pendidik itu harus menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Dalam menuntun anak harus sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Untuk mencapai Visi, Calon Guru Penggerak memerlukan suatu rancangan yang dikenal dengan Inkuiri Apresiatif.

Inkuiri Apresiatif adalah suatu filosofi, suatu landasan berpikir yang berfokus pada upaya kolaboratif untuk menemukan hal positif dalam diri seseorang, dalam suatu organisasi dan dunia di sekitarnya baik di masa lalu, masa kini maupun maupun masa depan ( Cooperrider & Whitney, 2005). Implementasi dari pendekatan ini adalah tahapan BAGJA.

Untuk refleksi di modul ini, saya akan menggunakan metode 4F.

FACTS (Peristiwa)

sumber: Youvita
sumber: Youvita
  • Saya merasa semakin bersemangat dan merasa senang mengikuti modul 1.3 dimana ada tantangan yang lebih dari sebelumnya, karena harus menyusun Visi.

  • Diawal kegiatan pada modul 1.3 adalah Mulai diri dan eksplorasi konsep -- Mandiri yang dilaksanakan pada tanggal 22 November 2022. Pada modul ini 
  • CGP membuat sebuah gambar yang memuat tentang imajiku tentang murid di masa depan.  Saya membuat gambar tentang 5-10 tahun kedepan saya memiliki murid yang beriman dan bertakwa, bernalar kritis, memiliki etika yang baik dan peduli lingkungan, menguasai digital dan siap menghadapi tantangan.

  • Kegiatan dilanjutkan pada Eksplorasi Konsep 1.3.1.4.1 pada tanggal 23 November 2022. Pada kegiatan ini CGP mempelajari tentang Inkuiri Aprtesiatif dan tahapan BAGJA. CGP juga harus memberi komentar pada beberapa pernyataan dan pertanyaan. Dan CGP membuat visi murid impian.

  • Tanggal 24 November 2022 lanjut pada kegiatan 1.3.a.4.2 yaitu Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi dimana CGP  memnjawap pertanyyan tentang hal yang dapat mencerahkan dalam menyusun visi dan bayangan penerapan Inkuiri Apresiatif dalam pembelajaran sehari-hari. Dan pada kegiatan ini sesame CGP harus saling berkomentar saling berdiskusi.

  • Pada kegiatan 1.3.a.5 yaitu Ruang Kolaborasi Modul 1.3 -- Pernyataan Prakarsa Perubahan dilaksanakan tanggal 25 November 2022. Diawali dengan membuat kelompok dan Fasilitator mengulas tentang materi dalam modul ini dan ada diskusi. Kemudian ada tugas yang harus dikerjakan oleh kelompok yaitu  meramu hasil diskusi menjadi SATU visi , SATU kalimat Pernyataan Prakarsa Perubahan, SATU rencana BAGJA lengkap dari tahap ke tahap. Pada tanggal ini ada Pendampingan Individu yaitu bapak Anto Susanto selaku Pengajar Praktik mengunjungi saya di sekolah saya. Beliau mengajukan beberapa pertanyaan kepada Kepala Sekolah dan juga kepada saya.

  • Pada tanggal 27 Novemver 2022 CGP melakukan kegiatan  Lokakarya 1 di SMPN 4 Trenggalek. Pada kegiatan tersebut, CGP dimantabkan kembali pada nilai dan peran Guru Penggerak.  Ada banyak diskusi dan juga game menarik.

  • Tanggal 28 November 2022 kegiatan 1.3.a.5.1 Ruang Kolaborasi 2 yaitu presentasi dan umpan balik tentang tugas pada ruang kolaborasi 1. Pada kegiatan tersebut para CGP sangat aktif.

  • Tanggal 28 November 2022 kegiatan 1.3.a.6  Demonstrasi Kontekstual, CGP mengunggah tugas membuat rancangan tindakan perubahan berdasarkan tahapan BAGJA Kegiatan 1.3.a.5.2 tanggal 1 Desember 2022 Cgp mengunggah tugas yang sudah dipresentasikan pada ruang kolaborasi 2. Pada tanggal ini juga CGP mengikuti kegiatan Elaborasi Pemahaman bersama Instruktur, Fasilitator dan Pengajar Praktik.

  • Saya menerapkan aksi nyata ke dalam kelas. Ada banyak sekali pengalaman positif yang saya alami. Saya mengajak anak-anak untuk lebih peduli pada lingkungan. Yaitu mengajak anak memunguti sampah yang ada di jalan sekitar sekolah. Anak membawa kantong palstik dan jika menemukan sampah langsung diambil dan dimasukkan ke kantong  plastic.

FEELING (Perasaan)

Perasaan saya selama kegiatan tersebut adalah merasa tertantang. Saya merasa semangat dan sangat antusias karena ingin menumbuhkan rasa peduli lingkungan. Kegiatan ini sebenarnya sudah dilakukan sebelumnya tapi hanya di halaman sekolah. Tetapi untuk kali ini adalah di jalan depan sekolah sampai masjid di dekat sekolah. Ini yang menjadi tantangan karena sampah lebih banyak dan berharap dengan kegiatan ini masyarakat sekitar lebih paham akan pentingnya menjaga kebersihan.

FINDING (Pelajaran)

Pelajaran yang saya dapatkan dari kegiatan ini adalah bahwa untuk melakukan suatu perubahan positif harus ada niat baik agar tercapai apa yang menjadi harapan dan visi CGP. Perjalanan meraih harapan dan visi tidak semudah yang dibayangkan. Harius disertai dengan sikap optimis, kesungguhan dan konsisten. CGP hendaknya tidak sering mengeluh karena dengan banyak mengeluh pekerjaan justru semakin terasa berat dan kesuksesan susah untuk diraih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun