Mohon tunggu...
Yosua Sibarani
Yosua Sibarani Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis

Manusia biasa yang menjadi luar biasa oleh anugerah Tuhan

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Berdoalah Sebelum Makan! Mengapa?

8 September 2022   09:09 Diperbarui: 8 September 2022   09:11 380 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Ada yang bertanya kepada saya, mengapa kita perlu berdoa sebelum makan? Dia meminta saya untuk membuatkan video singkat untuk menjawab hal tersebut. Saya akan menjawab secara sederhana melalui video singkat ini.

Alasan utama mengapa kita perlu berdoa sebelum makan adalah doa merupakan gaya hidup orang percaya. Salah satu tokoh Alkitab dalam Perjanjian Lama yang memberikan teladan tentang gaya hidup berdoa adalah Daniel. Dalam kitab Daniel 6:11 tertulis bahwa Daniel berdoa kepada Allah tiga kali sehari. Ada hal yang menarik dalam ayat ini, yaitu pernyataan "seperti yang biasa dilakukannya." Daniel berdoa bukan sekali itu saja, tetapi dia sudah memiliki gaya hidup berdoa. Tuhan Yesus sendiri memberikan teladan kepada kita untuk selalu berdoa kepada Allah. Markus 1:35 mengatakan: "Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana."

Setelah pelayanan, Tuhan Yesus pun berdoa (Mat. 14:23). Tuhan Yesus pun pernah mengajarkan tentang berdoa yang benar dalam Matius 6:9-13 dan Luk. 11:2-4 yang sering disebut dengan "Doa Bapa Kami". Ketika Tuhan Yesus mau disalib, Dia berdoa di Taman Getsemani (Mat. 26:36). Para rasul juga memberikan teladan kepada kita tentang gaya hidup berdoa seperti Kis. 1:14, "Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus." Masih banyak lagi contoh-contoh di Alkitab yang menegaskan bahwa doa merupakan gaya hidup orang percaya.

Jadi apa pun yang kita lakukan dalam hidup kita sehari-hari harus didahului dengan doa, termasuk makan atau minum. Lalu apa tujuan berdoa sebelum makan?

Untuk Menyatakan Syukur

Berdoa sebelum makan adalah bentuk pengucapan syukur kita kepada Tuhan atas makanan yang akan kita nikmati. Di dalam 1 Tesalonika 5:18, Paulus berkata: "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu." Tuhan menginginkan agar kita selalu mengucap syukur dalam segala hal dalam hidup kita. Firman Tuhan dalam 1 Korintus 10:30 berkata, "Kalau aku mengucap syukur atas apa yang aku turut memakannya, mengapa orang berkata jahat tentang aku karena makanan, yang atasnya aku mengucap syukur?"

Kita harus mengucap syukur atas berkat makanan yang Tuhan berikan kepada kita. Orang yang tidak berdoa sebelum makan adalah orang yang tidak bersyukur atas berkat Tuhan.

Untuk Menguduskan Makanan

Salah satu tujuan berdoa sebelum makan adalah memohon Tuhan untuk menguduskan makanan. Paulus pernah berkata tentang hal ini dalam 1 Timotius 4:4-5, "Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatupun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur, sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa."

Segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah ciptaan Allah dan ciptaan Allah itu baik adanya, termasuk segala makanan yang ada. Dalam 1 Korintus 10:25-26, Paulus berkata, "Kamu boleh makan segala sesuatu yang dijual di pasar daging, tanpa mengadakan pemeriksaan karena keberatan-keberatan hati nurani. Karena: bumi serta segala isinya adalah milik Tuhan." Tetapi kita tidak mengetahui secara detail bagaimana makanan dapat dihidangkan kepada kita. Apakah bahan-bahan makanan atau makanan tersebut telah dipersembahkan kepada berhala atau tidak. Untuk itu, kita harus berdoa sebelum menikmati makanan supaya makanan itu dikuduskan oleh Tuhan supaya mendatangkan berkat bagi kita.

Untuk Memuliakan Tuhan

Sebagai orang Kristen, kita harus memuliakan Tuhan dalam segala hal yang kita lakukan dalam hidup ini, termasuk makan dan minum. Firman Tuhan berkata, "Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah" (1 Kor. 10:31). Tuhan menghendaki kita untuk selalu memuliakan Tuhan dalam segala hal, termasuk makan atau minum. Dengan berdoa, kita akan disadarkan untuk makan atau minum sesuai kebutuhan kita, bukan serakah. Jangan sampai makan dan minum membuat kita menjadi batu sandungan bagi orang lain. Dengan demikian, berdoa sebelum makan atau minum merupakan bentuk pemberian kemuliaan kepada Tuhan.

Jadi, alasan kita berdoa sebelum makan adalah karena doa merupakan gaya hidup kita dan tujuan berdoa sebelum makan adalah untuk menyatakan syukur, untuk menguduskan makanan, dan untuk memuliakan Tuhan.

Saya berharap Saudara dapat dicerahkan dan menjadi pelaku Firman Tuhan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan