Mohon tunggu...
Yosi Prastiwi
Yosi Prastiwi Mohon Tunggu... Freelancer - Ibu rumah tangga

Hobi nulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

3 Kegiatan Lansia Bahagia ala Warga Jogja

3 Januari 2021   21:40 Diperbarui: 3 Januari 2021   23:04 626
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi lansia bahagia. Gambar diolah penulis.

Saat aku lanjut usia
Saat ragaku terasa tua
Tetaplah kau slalu di sini
Menemani aku bernyanyi

Generasi 90an tentu tak asing dengan judul lagu "Saat Aku Lanjut Usia" yang populer dibawakan Sheila on Seven. Band asli Jogja yang pernah bersinar di masanya. Sebagian bahkan membaca teks sambil bernyanyi riang. Iya ga sih?

Menjadi tua itu pasti sementara dewasa itu pilihan. Kalimat klasik ini awet kita baca dan dengar. Gambarannya lekat di sekeliling kita. Bisa jad kita salah satunya.

Bilangan usia yang bertambah (atau berkurang?) tidak serta merta membuat seseorang bijak bestari. Usia bukan jaminan meski lebih berpengalaman makan asam garam. Termasuk mereka yang memasuki lanjut usia atau lansia.

Saya tinggal di perumahan lama. Perumnas daerah Jogja utara yang dihuni banyak lansia. Sebagian besarnya pensiunan pegawai. Rumahnya satu, dua bahkan tiga. Tidak mewah. Sebagian masih sama bentuk bangunannya sejak perumahan ini didirikan. Sebagian lagi sudah direnovasi ke atas. Sebab lahan perumahan terbatas. 

Sebagai pendatang di kota Jogja, saya senang mengamati aktivitas warga perumahan ini. Sebagian kegiatannya khas dan tidak saya temui di kampung halaman. Bukan hanya hobi personal tapi juga kebersamaannya.

Ini tiga kegiatan komunal di perumahan saya yang membuat lansia tetap aktif, bahagia, dan mendukung kesehatan mereka.

1. Senam
Sebelum pandemi, hampir tiap pekan senam menjadi aktivitas olahraga sebagian lansia. Ada dua macam senam yang biasa dilakukan. Yaitu senam jantung sehat dan senam lansia. Keduanya didesain untuk lansia dengan gerakan mudah dan terbatas.

Kebetulan rumah yang saya tinggali berhadapan dengan tanah lapang di perumahan. Aktivitas senam, biasa dilakukan di sana. Atau di gang belakang rumah. Meski tak ikut senam lansia, sebab saya masih muda,  musik senam lebih dari cukup menambah keramaian Minggu pagi.

2. Posyandu Lansia
Jika di daerah lain, pos layanan terpadu atau posyandu hanya melayani penimbangan dan pengukuran bayi, posyandu di sini melibatkan lansia. Para lansia didorong untuk hadir dan memeriksakan kesehatan secara rutin dan gratis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun