Mohon tunggu...
Ahmad Wafa
Ahmad Wafa Mohon Tunggu... Wiraswasta - Freelance

Seorang penulis yang menyukai tempat wisata alam yang indah dan syair-syair puisi cinta maupun puisi sedih.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Canggihnya Zaman Sekarang Tinggalkan Semua masa Lalu

30 Oktober 2017   02:41 Diperbarui: 30 Oktober 2017   04:01 2502
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto HP saya tahun 2006, sekarang sudah rusak. Dokumentasi Pribadi.

Perkembangan jaman yang sangat luar biasa, mulai terasa sejak tahun 2000 sampai sekarang, beda dulu beda sekarang, jauh banget perbedaanya, semua itu bisa dirasakan oleh semua orang termasuk saya. Saya bukan ahli IT bukan pula fotografer Profesional, walau saya sudah menggunakan CPU dari jaman pentium 2, masih sangat awam.

Teknologi yang terus semakin maju, dan perkembangannya itu sangat pesat sekali, hanya dalam hitungan 17 tahun, dari tahun 2000 sampai 2017 ini. Padahal dahulu, selama ratusan tahun bahkan ribuan tahun tidak ditemukan apa-apa dan kalau saya baca sejarah, perkembangannya tidak secepat sekarang ini, mungkin karena faktor jaman dulu terlalu banyak peselisihan antar saudara ataupun penjajahan.

Anak kelahiran tahun 90an kebawah, permainannya masih sangat tradisional, nah sekarang anak kecil bisa lebih pintar main gadget daripada orangtuanya, sangat luar biasa. Bahkan saya pernah membandingkan kecepatan saya menggunakan Gadget dengan anak SMA, dan saya kalah, mungkin karena saya tidak terlalu pintar.

Hiburan anak sekarang lebih mengerikan jika dibandingkan dengan anak jaman dulu, anak dulu kalau dibilangin takut dan nurut sama orang tuanya, tapi anak sekarang sepertinya tidak lagi, sopan santunnya juga kurang, walaupun tidak semua, atau mungkin itu hanya yang saya lihat saja.

Dulu yang punya telephone itu hanya orang menengah keatas, sekarang ga jamannya telehone lagi, tapi jamannya ponsel canggih, smartphone. Orang tua jaman sekarang jarang yang bisa menggunakan smartphone, atau mungkin itu hanya ada di wilayah saya saja.

Jaman dulu yang punya komputer hanya orang kaya, dan tidak banyak yang bisa mengoperasikannya, sekarang anak usia 5 tahun juga sudah pintar pakai komputer, karena bukan hal mewah lagi dan semua orang bisa memilikinya.

Saya ingat pada waktu kecil, jalanan sangat sepi kendaraan bermotor, nah sekarang hampir semua orang bisa beli motor, sungguh kemajuan yang luar biasa. Banyak pemimpin bilang bahwa ekonomi orang jaman sekarang semakin membaik, menurut saya sih tidak, bahkan makin memburuk. Mungkin hanya yang saya lihat saja.

Sekarang ini jaman canggih dan semua serba mudah, semua orang bisa memiliki smartphone, kendaraan bermotor, komputer, dan alat canggih lainnya. Hampir semua sudah damai dan sangat sedikit pertikaian, yah setidaknya jauh lebih baik sekarang jika dibandingkan dengan jaman Majapahit kan.

Anak jaman dulu ga ada yang mainan Gadget, sedikit yang naik motor sebelum 17 tahun, jarang yang punya komputer, sekarang semua bisa terpenuhi dengan sangat mudah. Hanya tinggal pergi ke Bank dan minta dibelikan apa yang di inginkan langsung terkabul, tentunya yang sesuai dengan kemampuan, dan ntar bayarnya nyicil.

Kadang saya merasa rindu pada suasana jaman dulu, kalau sedang kangen masa lalu biasanya saya datang kesebuah desa yang ada di pelosok, untuk sekedar motret-motret atau liburan nostalgia.

Di desa, masih sangat minim teknologi dan masih sangat alami, jangan harap bisa dapat sinyal kalau sedang ada di desa yang lokasinya pelosok pake banget dan jauh dari kota.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun