Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Timnas Meksiko di Lubang Jarum

27 November 2022   15:18 Diperbarui: 27 November 2022   15:26 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Guillermo Ochoa dan Edson Alvarez, pilar pertahanan Meksiko (Goal.com)

Bicara soal kiprah Timnas Meksiko di Piala Dunia, ada satu "tradisi" unik yang muncul sejak edisi 1994, yakni konsisten lolos dari fase grup. Entah lawannya Prancis, Brasil atau Jerman sekalipun, El Tri terbukti mampu melewati.

Meski akhirnya selalu kandas di babak perdelapan final, selalu ada cerita menarik dari Tim Sombrero di fase grup. Mulai dari gaya nyentrik Jorge Campos, penampilan bagus Guilermo Ochoa, rekor penampilan Rafael Marquez di Piala Dunia, sampai kejutan Chicharito Hernandez dan Hirving Lozano.

Berangkat dari situ bukan kejutan kalau tim asuhan Gerardo Martino (Argentina) ini dijagokan lolos ke fase gugur di Piala Dunia 2022.

Awalnya, prediksi ini terlihat "on target" karena mampu mendapat satu poin saat jumpa Polandia di laga perdana grup C. Optimisme bahkan sedikit muncul, karena Guillermo Ochoa mampu menggagalkan tendangan penalti Robert Lewandowski.

Meski gagal mencetak gol, skor kacamata melawan Polandia tetap jadi satu modal bagus, karena Argentina sudah menunggu di laga kedua. Dengan catatan panjang Meksiko di Piala Dunia, normal rasanya kalau mereka mampu membuat kejutan.

Tapi, wakil zona CONCACAF ini justru lunglai saat menghadapi Argentina, Minggu (27/11, dinihari WIB). Di laga ini, mereka takluk 0-2.

Dimotori Lionel Messi yang mencetak satu gol dan satu assist untuk gol Enzo Fernandez, Tim Tango sukses bangkit dari kekalahan 1-2 atas Arab Saudi di partai sebelumnya.

Dengan kekalahan ini, posisi Meksiko praktis terjepit. Untuk lolos dari fase grup, kemenangan atas Arab Saudi jadi harga mati.

Itupun masih dengan catatan, Edson Alvarez dkk menang dengan selisih tiga gol, dan Argentina maupun Polandia tidak main mata di partai lain untuk sama-sama lolos.

Tentu saja, mereka butuh keberuntungan di sini. Kebetulan, baik Argentina maupun Polandia pasti akan berusaha mengejar posisi juara grup, demi menghindari kemungkinan bertemu Prancis di babak selanjutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun