Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Sedikit Keraguan untuk Piala Dunia 2022

1 Oktober 2022   14:04 Diperbarui: 1 Oktober 2022   14:08 150 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bicara soal Piala Dunia, kebanyakan pecinta sepak bola tentu berharap, ada sajian kelas satu yang hadir di turnamen empat tahunan ini.

Maklum, tim-tim terbaik dari seluruh dunia ikut ambil bagian. Otomatis, kualitas pemain yang terlibat juga bukan kaleng-kaleng.

Tapi, kalau boleh jujur, sebenarnya ada sedikit keraguan yang terselip untuk Piala Dunia 2022. Kebetulan, turnamen ini dihelat pada bulan November-Desember, bukan Juni-Juli seperti biasanya.

Kalau soal jam tayangnya, mungkin Piala Dunia 2022 akan jadi turnamen yang jam tayangnya cukup bersahabat, khususnya untuk penonton di Indonesia. Kurang lebih seperti Piala Dunia 2018 di Rusia, yang zona waktunya berbeda 4-6 jam dari 3 zona waktu di Indonesia.

Masalahnya, kualitas permainan di turnamen ini mungkin akan berbeda dari biasanya. Bukan karena kualitas pemainnya kurang oke, tapi kondisi pemain yang terlibat di turnamen ini tidak optimal, khususnya untuk mereka yang bermain di klub-klub Eropa.

Seperti diketahui, sehubungan dengan adanya Piala Dunia 2022, liga-liga dan kompetisi antarklub Eropa punya jadwal padat. Rata-rata mereka bermain 2-3 kali sepekan sejak awal musim, sampai jelang Piala Dunia dimulai.

Padahal, frekuensi setinggi ini biasanya hadir pada paruh kedua musim kompetisi atau putaran akhir. Otomatis, risiko cedera pemain akan lebih tinggi dari biasanya.

Apesnya, jeda internasional bulan September sudah mendatangkan setidaknya dua "korban" yakni Ronald Araujo (Uruguay) dan Memphis Depay (Belanda).

Dua pemain Barcelona ini sama-sama mengalami cedera otot, dan harus berpacu dengan waktu untuk bisa ikut berangkat ke Qatar. Bagi Barca, ini adalah satu kerugian, karena mereka akan menjalani beberapa partai besar, termasuk El Clasico di pertengahan Oktober.

Bedanya, Araujo terancam absen karena belum lama ini menjalani operasi untuk memulihkan cederanya, sementara itu, Memphis hanya absen sebulan, tapi tetap harus berpacu dengan waktu, untuk bisa segera fit setelah sembuh dari cedera.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan