Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Administrasi - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Menyambut Rencana Pemerintah untuk Timnas Indonesia

4 Agustus 2022   12:07 Diperbarui: 4 Agustus 2022   12:09 109 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Presiden Jokowi menerima kunjungan Menpora Zainuddin Amali dan Ketum PSSI Iwan Bule di Istana Merdeka  (Okezone.com)

Selama bertahun-tahun, satu hal yang cukup disorot dalam sepak bola nasional adalah ketiadaan kamp latihan Timnas Indonesia yang dimiliki sendiri, entah oleh PSSI atau pemerintah.

Akibatnya, setiap kali Tim Garuda melakukan pemusatan latihan, program ini biasanya dilakukan di luar negeri, dengan Eropa atau Korea Selatan sebagai tujuan umum.

Meski kelihatannya boros, kebijakan PSSI ini diklaim lebih hemat biaya ketimbang punya kamp latihan sendiri, khususnya dalam hal maintenance. Tidak perlu pusing memikirkan biaya perawatan rutin, tinggal pakai saja, meskipun ribet, karena harus pergi ke luar negeri.

Berangkat dari masalah itu, ditambah kemajuan negara-negara di kawasan ASEAN belakangan ini, desakan publik sepak bola nasional soal perlunya Timnas Indonesia punya kamp latihan sendiri pun makin kuat.

Sayangnya, PSSI selaku induk sepak bola nasional tampak kesulitan merealisasikan. Entah karena tidak ada anggaran atau apa, rencana ini pada akhirnya hanya berhenti di tahap wacana atau gosip.

Salah satu gosip yang pernah beredar adalah, rencana mendirikan kamp latihan Timnas Indonesia di Sawangan, Depok. Tepatnya, di lapangan yang sempat menjadi tempat latihan klub Pelita Jaya (kini Madura United).

Meski sempat santer diberitakan di media, rencana ini pada akhirnya hanya menjadi gosip. Tak pernah ada tindak lanjut, meski gosip dan wacananya terus bergulir.

Tapi, seiring dimulainya proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara oleh pemerintah, wacana soal pembangunan kamp latihan Timnas Indonesia tampaknya akan jadi kenyataan. Penyebabnya, pemerintah juga
berencana membangun kamp latihan Timnas Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden  Jokowi saat menerima Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, dan ketua umum PSSI Mochamad Iriawan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, (3/8) lalu

Selain karena dianggap urgen, rencana ini ternyata juga berkaitan dengan rencana pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036. Otomatis, fasilitas olahraga yang akan dibangun, termasuk kamp latihan Timnas Indonesia, akan bertaraf internasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan