Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Darwin Nunez, Transfer Mahal Tapi Cerdas ala Liverpool

14 Juni 2022   13:59 Diperbarui: 15 Juni 2022   08:02 1157 10 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Darwin Nunez, mantan penyerang klub Benfica resmi bergabung dengan Liverpool dengan nilai transfer 85 juta pounds. Sumber: Akun twitter Liverpool FC

Pada bursa transfer musim panas tahun ini, Liverpool membuat gebrakan dengan mendatangkan Darwin Nunez dari Benfica. Top skor Liga Portugal dengan torehan 26 gol musim lalu itu diboyong ke Anfield dengan ongkos transfer 85 juta pounds, yang sudah termasuk biaya bonus performa senilai 21 juta pounds.

Dari segi biaya total, transfer ini memang mahal, bahkan menjadi rekor transfer termahal klub, memecahkan rekor sebelumnya milik Virgil Van Dijk (75 juta pounds) di musim 2017/2018 silam. Meski begitu, ini adalah satu transfer yang cukup cerdas.

Mengapa?

Dari segi taktik, kedatangan Nunez bisa menambah variasi di lini depan Liverpool. Maklum, selain biasa bermain di pos penyerang tengah, pemain asal Uruguay itu bisa juga bermain melebar di sayap.

Dengan postur tubuh tinggi besar tapi lincah, jebolan akademi Penarol ini akan lebih bisa menjangkau kiriman umpan silang dari sisi sayap, baik sebagai pemantul bola maupun pencetak gol.

Dengan demikian, ketergantungan Si Merah pada Mohamed Salah dalam hal menyerang dan mencetak gol bisa dikurangi, sekaligus menjadi fase persiapan jika ditinggal sang bintang Mesir saat kontraknya habis tahun depan. Satu langkah yang juga bisa memperbarui sistem gegenpressing Klopp, yang belakangan jarang melibatkan penyerang murni.

Dalam hal bola atas dan kecepatan, ia cukup bisa diandalkan. Atribut ini berpadu padan dengan kemampuan mencetak gol yang belakangan berkembang pesat.

Maka, bukan kejutan kalau Nunez disebut publik sepak bola Uruguay sebagai perpaduan antara Luis Suarez dan Edinson Cavani, sekaligus penerus ideal duo penyerang berusia 35 tahun itu di Timnas Uruguay. Kebetulan, nama terakhir juga menjadi satu sosok pemain idolanya.

Maklum, kemampuan mencetak golnya cukup mirip dengan Suarez, yang kadang bisa mencetak gol dari sudut sempit, lengkap dengan determinasi tinggi di lapangan. Meski begitu, tingkah Nunez tidak bengal seperti Luisito di masa mudanya.

Darwin Nunez, mengenakan nomor punggung 27 peninggalan Divock Origi (Liverpool FC.com)
Darwin Nunez, mengenakan nomor punggung 27 peninggalan Divock Origi (Liverpool FC.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan