Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Kembali Mengingat yang Terlupakan

26 November 2021   14:47 Diperbarui: 26 November 2021   15:10 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Istockphoto.com)

Selama bulan November ini, saya memposting selusin artikel, seputar daerah, etnis, dan kain tenun khas dari empat daerah, yakni Pulau Lombok, Sumbawa, Rote, dan Toraja. Menurut saya, ini sebenarnya di luar kebiasaan, tapi ada tiga pertimbangan, yang membuatnya sangat masuk akal.

Pertama, selusin artikel itu adalah satu rangkaian tugas, saat saya menjalani magang di sebuah perusahaan produsen produk kerajinan dari kain tenun khas keempat daerah tersebut.

Selama kurang lebih dua bulan masa magang di penghujung tahun 2020 itu, saya banyak bereksplorasi. Mulai dari membaca jurnal geologi, jurnal arsitektur, sampai liputan berita.

Hasil eksplorasi itu lalu saya olah menjadi artikel, sesuai dengan tema tugas yang diberikan. Biasanya, artikel-artikel yang sudah saya buat, langsung saya kirimkan ke koordinator tim, dan tak pernah saya sentuh setelahnya.

Selama nyaris setahun, selusin artikel ini saya simpan di laptop. Dengan harapan, semuanya akan diposting, entah di media sosial, atau platform lainnya milik perusahaan.

Ternyata, selama waktu itu, tidak ada satupun yang diposting. Saya pun mulai berpikir untuk memposting selusin artikel ini di Kompasiana.

Pertimbangannya, selusin artikel ini memuat ragam informasi yang layak dibagikan. Daripada mubazir, sebaiknya dibagikan, karena bisa sedikit menambah wawasan, atau minimal menyegarkan ingatan.

Di sini, saya memilih untuk menunggu dulu momen yang tepat untuk memposting selusin artikel ini. Poin inilah yang jadi pertimbangan kedua.

Ternyata, keputusan ini jitu, karena "momen yang tepat" ini diwarnai dua kejadian. Pertama, lomba menulis artikel di Kompasiana, yang secara khusus mengangkat tema seputar DSP Mandalika di Pulau Lombok.

Di lomba yang belum lama ini selesai, saya memposting tiga artikel seputar Pulau Lombok. Soal hasil akhir lomba, saya tidak peduli, karena niat awalnya memang hanya untuk meramaikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun