Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Administrasi - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Bukan Filosofi Kopi

9 Juli 2021   23:37 Diperbarui: 10 Juli 2021   21:18 92 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bukan Filosofi Kopi
(Pixabay.com)

"Kopi adalah satu keajaiban."

Itulah yang biasa kukatakan dan kurasakan soal kopi. Mungkin terdengar berlebihan, tapi begitulah adanya.

Dalam banyak kesempatan, ia bisa membakar semangat saat senang, atau menjadi obat penenang saat susah. Benar, bersamanya, aku terbang ke alam mimpi, menikmati tidur seperti pesawat terbang di cuaca cerah.

Berkatnya, aku tak perlu mengenal obat tidur atau mabuk-mabukan di situasi gila akhir-akhir ini.

Ada kebingungan dimana-mana, panik juga hal biasa. Pagebluk membuat semua mati langkah. Banyak yang ambruk bahkan tinggal nama.

Dalam suasana bising itu, aku merasakan kembali rasa tak berdaya yang menyakitkan. Marah tak bisa, diam pun tak tahan. Sial, tubuh ini tak cukup kuat.

Aku biasa membuat secangkir kopi hitam pekat tanpa gula, tapi tak menolak jika ada kesempatan memberinya gula, atau apapun itu. Entah itu robusta yang sepekat "dark chocolate" atau arabika yang masam seperti anggur, aku tak peduli, karena mereka juga tak pernah menaruh diri lebih tinggi dari sesamanya. Tak ada filosofi picisan darinya, yang selalu apa adanya.

Bersamanya, aku seperti bertemu sahabat yang membiarkan hatiku menangis sampai lega. Membuang semua beban, seperti truk barang membongkar muatan.

Pada saat paling gila, kopi juga menemaniku, dengan jumlah lebih banyak dari biasanya. Dua cangkir sebagai doping saat bekerja sangat keras, dan tiga cangkir saat ingin istirahat total.

Dalam pekat, mereka tak pernah menganggapku payah. Mereka selalu bisa membuat semuanya kembali tenang, dan mengerti apa yang kurasakan.

Dari masa sulit ke masa sulit, dia selalu ada. Saat pagebluk makin ganas, sampai merenggut banyak korban, dia  menguatkan dari berbagai kejutan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x