Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Administrasi - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Copa America yang Tampil Beda

25 Juni 2021   21:38 Diperbarui: 25 Juni 2021   21:39 163 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Copa America yang Tampil Beda
Neymar dan Lionel Messi, bintang Brasil dan Argentina, dua tim unggulan Copa America 2021 (Marca.com)

Tampil beda. Begitulah pendapat saya tentang perhelatan Copa America 2021 yang (kembali) digelar di Brasil.

Memang, turnamen yang sedianya diikuti 12 negara peserta ini, hanya diikuti oleh 10 negara. Dua tim undangan, yakni Australia dan Qatar mundur karena memilih fokus menghadapi babak lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Alhasil, turnamen yang awalnya terdiri dari tiga grup, berubah menjadi dua grup. Satu grup terdiri dari lima tim.

Inilah yang membuat Copa America 2021 terasa berbeda. Setiap tim bermain sebanyak empat kali, dan tim peringkat 1-4 tiap grup akan lolos ke babak perempatfinal.

Alhasil, tingkat persaingan untuk lolos ke babak selanjutnya di Copa America tak seintens di Euro, yang memang punya jumlah peserta lebih banyak.

Tapi, ada satu pemandangan menarik di sini, karena ada tim yang jadi lumbung poin buat tim lawan. Di grup A, ada Bolivia yang selalu kalah di tiga pertandingan, yakni atas Paraguay (1-3), Chile (0-1), dan Uruguay (0-2).

Melihat skornya, sebenarnya La Verde alias Si Hijau bisa mengimbangi permainan tim lawan, tapi hanya sebatas itu. Jika lawan menaikkan intensitas serangan, habislah sudah.

Hasilnya, Paraguay, Chile dan Uruguay lolos mendampingi Argentina ke babak selanjutnya, meninggalkan Bolivia yang mencatat nirpoin, dan hanya mampu mencetak satu gol. Daftar kekalahan tim asuhan Cesar Farias bisa saja bertambah, karena mereka masih akan menghadapi tim kuat Argentina.

Untunglah, pemandangan serupa tak terjadi di grup B, karena tuan rumah Brasil tampil superior, dengan selalu mencatat kemenangan. Di sini, persaingan untuk lolos ke babak perempatfinal Copa America lebih terbuka.

Dengan lolosnya Tim Samba, empat tim lain dibuat bersaing ketat memperebutkan tiga tiket tersisa. Situasi ini kebetulan muncul, karena Peru dan Kolombia sama-sama mempunyai 4 poin, sementara Venezuela dan Ekuador punya 2 poin.

Kecuali Kolombia, semuanya masih akan bertanding sekali lagi. Tapi, Ekuador menjadi tim yang kurang beruntung, karena akan menghadapi Brasil yang sedang perkasa di partai terakhir, sementara itu, Peru akan bertemu Venezuela.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan