Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Kembali ke Dunia Freelance

2 April 2021   21:15 Diperbarui: 2 April 2021   21:23 232 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kembali ke Dunia Freelance
Ilustrasi (Kompas.com)

Judul di atas adalah satu keputusan saya sejak awal Maret silam. Tepatnya, saat saya memutuskan untuk tidak lanjut setelah selesai magang di sebuah unit usaha lokal.

Sebenarnya, saya ditawari lanjut, tapi dengan besaran gaji yang kembali harus disesuaikan, dengan pertimbangan "imbas pandemi". Berhubung tekanan dan beban kerjanya justru lebih tinggi, saya memutuskan mundur, karena menyadari ini tidak sehat.

Kebetulan, besaran gaji yang ditawarkan kurang lebih sama dengan cicilan tunggakan gaji dari kantor lama saya di Jakarta. Jadi, saya memutuskan untuk kembali ke dunia kerja freelance, yang cukup nyaman dijalankan di Yogyakarta.

Meski terlihat sembrono, keputusan ini saya ambil, dengan mempertimbangkan fakta bahwa cicilan tunggakan gaji ini saya terima hingga awal tahun depan. Selain itu, ada beberapa hal lain, yang secara kebetulan juga mengiringi.

Pertama, dunia usaha masih cukup lesu. Masih ada banyak lowongan kerja disebar, sebelum akhirnya ditangguhkan karena ada penyesuaian anggaran di perusahaan tersebut.

Kedua, peluang magang ada, tapi agak sulit diharapkan. Selain dari segi pemasukan, keberlanjutannya juga jadi tanda tanya besar. Seperti diketahui, akibat imbas pandemi, banyak perusahaan yang memakai sistem magang atau kontrak jangka pendek, dengan gaji sedikit di bawah standar.

Akan sedikit tak adil, jika tekanan kerja yang luar biasa justru dibarengi dengan kegemaran bos bepergian. Belum lagi, ada program vaksinasi virus Corona dari pemerintah, yang masih belum ketahuan tanggal mainnya.

Merepotkan saja.

Inilah yang lalu membuat saya memilih untuk kembali bekerja freelance: menulis sambil sesekali membantu usaha keluarga di rumah, yakni memproduksi dodol buatan sendiri.

Selain karena waktunya bisa "semau gue", kembali bekerja freelance membuat saya bisa sedikit bergerak lebih leluasa. Secara mental, ini menjadi satu kesempatan baik untuk memulihkan diri.

Jujur, sejak awal pandemi Corona di Indonesia setahun silam, masalah dan gonjang-ganjing datang silih berganti. Bukan hanya dalam hal pekerjaan, tapi keuangan, dan berbagai hal lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
2 April 2021