Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Bangun Pagi, Menulis, dan Typo

20 Januari 2021   13:11 Diperbarui: 20 Januari 2021   13:17 349
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Freepik.com)

Judul di atas, adalah hal-hal yang belakangan ini rutin saya lakukan. Benar, sejak kembali ke Yogyakarta, saya biasa bangun pagi, dan menjadikan menulis sebagai sebuah "olahraga pagi".

Berkat aktivitas ini, saya jadi tak pernah terlambat bangun pagi dan berangkat kerja ke kantor. Ternyata, menulis bisa jadi alasan bangun pagi yang ampuh.

Tapi, kegiatan bangun pagi ini biasa saya liburkan di hari Minggu, yang memang merupakan satu-satunya hari libur dalam seminggu. Bukan karena malas, tapi supaya bisa istirahat total, khususnya jika tubuh ternyata kelelahan, seperti yang saya alami akhir pekan lalu.

Meski kadang terasa melelahkan, karena hanya bisa mengetik huruf per huruf, saya bersyukur karena sudah ada teknologi yang cukup membantu, dalam wujud fitur teks prediktif.

Berkat fitur ini, saya bisa mengetik huruf dengan lebih cepat, dan bisa menyelesaikan tulisan. Manfaat ini juga saya rasakan, saat berinteraksi di dunia maya, atau berkirim pesan.

Jika diibaratkan pesepakbola, fitur teks prediktif kadang membuat saya serasa jadi seorang Eden Hazard atau Juan Roman Riquelme di lapangan hijau. Mereka terlihat lambat dan malas saat tanpa bola, tapi penuh kejutan saat membawa bola.
 
Inilah yang membuat saya lebih suka menulis di ponsel. Meski hanya "lapangan kecil", ia sudah terbukti mampu membuat saya lebih gesit, sekaligus menutupi kelemahan bawaan saya.

Meski begitu, menulis di pagi hari kadang bisa menghasilkan sedikit rasa jengkel. Penyebabnya, ada typo yang sesekali ada. Bentuknya bukan hanya salah ketik huruf, tapi juga salah ketik kata.

Typo macam ini biasa hadir saat menulis dalam kondisi masih mengantuk. Konyolnya, kesalahan itu biasanya baru disadari, saat tulisan sudah ditayangkan.

Untunglah, kesalahan itu masih bisa diperbaiki. Meski hanya masalah spasi atau kata, ini masih menjadi PR tersendiri untuk semakin diminimalkan, syukur-syukur bisa dihilangkan.

Untuk saat ini, tentu akan sedikit kesulitan, tapi seiring berjalannya waktu, kekurangan yang ada akan hilang dengan sendirinya, karena tergantikan oleh kebiasaan baik yang sudah dibangun.

Mungkin ritmenya terdengar agak monoton, tapi bisa bangun pagi dan mengawali hari dengan melakukan aktivitas yang disukai tetaplah menyenangkan. Setuju?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun