Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Sebuah Rumah Bernama Kompasiana

26 Oktober 2020   22:38 Diperbarui: 26 Oktober 2020   22:39 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana syukuran ulang tahun ke 11 Kompasiana di Museum Bank Indonesia, Jakarta, Oktober 2019 (Dokpri)

Pada bulan ini, Kompasiana genap menapak usia 12 tahun, sebuah usia yang cukup senior, untuk ukuran platform digital, meski masih "bocah" untuk ukuran seorang manusia.

Entah sudah berapa banyak artikel mejeng di sini, yang jelas, ini adalah tempat bagi begitu banyak orang berekspresi lewat tulisan, dalam beragam pilihan topik. Otomatis, ada begitu banyak cerita yang mengisi Kompasiana, termasuk dari saya.

Saya sendiri baru mulai menulis di Kompasiana sejak awal Desember 2016 silam. Jadi, bisa dibilang saya masih junior, meski jumlah artikel saya di sini sudah mencapai empat digit.

Memang, pada prosesnya, saya sempat "bolong-bolong" dalam menulis di sini. Terutama sejak mulai merantau ke Jakarta, karena cukup sibuk bekerja.

Meski begitu, saya selalu punya rasa nyaman yang sama, karena Kompasiana membebaskan saya menjadi diri sendiri, tanpa pernah melihat kekurangan fisik saya.

Situasi ini membuat saya nyaman bereksplorasi dalam beragam topik, meski ternyata saya diingat beberapa Kompasianer, sebagai seorang "spesialis" di satu topik tertentu.

Uniknya, saya bisa membaur dengan nyaman, ditengah kepelbagaian Kompasianers, entah dari segi usia, profesi, dan sebagainya. Semua itu menyatu dengan baik di Kompasiana.

Lebih dari itu, rasa nyaman dan kebersamaan di sini sama baiknya, entah di kolom komentar ataupun saat bertemu langsung. Inilah yang membuat saya merasa seperti ada di rumah sendiri.

Untuk momen perjumpaan secara langsung, saya kebetulan pernah mengalaminya di tiga momen beruntun, pada tahun 2019 lalu.

Pertama, saat berkunjung ke gedung Kompas Gramedia. Kedua, saat syukuran ulang tahun Kompasiana ke 11 (di Museum Bank Indonesia). Ketiga, saat menghadiri Kompasianival 2019.

Ketiga momen ini terasa spesial, karena saya dapat bertemu langsung dengan  para Kompasianers, tim admin, dan manajemen Kompasiana, sekaligus merasakan langsung keseruannya. Sedikit melelahkan secara fisik, tapi sangat menyenangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun