Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Menuju Musim Nan Rumit

6 September 2020   22:59 Diperbarui: 6 September 2020   23:28 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rumit, begitulah kira-kira gambaran umum dari musim kompetisi 2020/2021, khususnya di liga-liga Eropa. Ini merupakan efek samping dari imbas pandemi Corona yang membuat musim 2019/2020 sempat tertunda penyelesaiannya.

Maklum, ada kondisi tidak menentu yang sempat memicu ketidakpastian. Ada juga liga yang dinyatakan selesai lebih cepat, seperti Ligue 1 Prancis, atau dibatalkan seperti Eredivisie Belanda.

Akibatnya, fase persiapan pra-musim tiap klub jadi mepet. Tak ada tur lintas benua seperti biasanya, karena musim kompetisi baru sudah akan dimulai bulan September ini.

Dari segi jadwal pun ada sejumlah penyesuaian, karena pada periode ini akan bergulir juga Piala Eropa, dan kualifikasi Piala Dunia 2022. Jadi, bukan kejutan kalau musim kompetisi kali ini akan sangat padat.

Memang, sejumlah kebijakan khusus juga diterapkan di liga-liga domestik. Misalnya, Liga Prancis dan Inggris berencana akan "meliburkan" jadwal kompetisi Piala Liga.

Selain itu, Piala FA kali ini juga akan menghapus pertandingan "replay" jika pertandingan berakhir imbang di waktu normal.. Sebagai gantinya, akan langsung dilakukan babak perpanjangan waktu dan adu penalti.

Rasa pusing setiap klub juga akan bertambah, karena benua-benua lain, seperti Afrika, Amerika Selatan dan Amerika Utara, juga akan menghelat kualifikasi Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, banyak pemain bintang berasal dari wilayah ini. Belum lagi jika para pemain ini juga ikut Copa America 2021, Piala Emas Concacaf, Piala Konfederasi, atau Piala Afrika.

Oke, untuk tiga turnamen pertama, masalahnya tak akan terlalu rumit, karena dihelat di musim panas. Tapi, untuk klub yang punya pemain kunci dari Afrika, mereka pasti akan pusing.

Sebabnya, Piala Afrika akan dihelat di awal tahun. Masa ini jelas merupakan periode sibuk, karena kompetisi di Eropa baru masuk pertengahan musim.

Berhubung start kompetisinya agak "ngaret" dari biasanya, tidak menutup kemungkinan, akan ada pemadatan jadwal kompetisi. Misalnya, dengan menghapus sementara periode jeda musim dingin, seperti yang sebelumnya dilakukan di Liga Inggris.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun