Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Freelancer - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pelajaran dari Negara Raksasa Sepak Bola Asia

18 Juli 2017   00:41 Diperbarui: 29 November 2022   00:04 1707
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Trofi Piala Asia. (DOK. THE AFC via kompas.com) 

Jika bicara soal negara raksasa sepak bola benua Asia (AFC) masa kini, yang biasanya rutin disebut adalah Korea Selatan, Jepang, Australia (menjadi anggota AFC pasca Piala Dunia 2006), Arab Saudi, dan Iran. 

Kelimanya memang sama-sama pernah juara Piala Asia, dan kerap tampil di Piala Dunia. 

Prestasi ini, jelas tak lepas dari bagusnya kualitas kompetisi domestik, dan sistem pembinaan pemain mereka, yang sudah mampu mengekspor bintang lokal mereka ke Eropa. Misalnya, Shinji Kagawa (Jepang, Borussia Dortmund), dan Son Heung Min (Tottenham Hotspur, Inggris)

Jika melihat bagaimana performa negara-negara ini di tingkat benua, mereka tampak sangat superior. Saking hebatnya, bisa menahan imbang, atau bahkan kalah tipis saja sudah terasa membanggakan. 

Situasi ini pernah dirasakan timnas Indonesia, saat kalah dari Arab Saudi (1-2), dan Korea Selstan (0-1), di ajang Piala Asia 2007. Kala itu, meski kalah tipis, Tim Garuda tetap banjir pujian.

Superioritas para raksasa Asia di level benua ini, membuat ajang Piala Asia terasa membosankan, minim kejutan. Kalaupun ada kejutan, jumlahnya tidak banyak. 

Misalnya, kejutan timnas Irak, saat menjuarai Piala Asia 2007. Untuk level Piala Dunia pun, mayoritas masih berkutat pada para raksasa Asia. Diluar mereka, hanya ada Tiongkok (2002), Kuwait (1982), Irak (1986), Uni Emirat Arab (1990), Israel (1970, kini anggota UEFA). 

Menariknya, sejarah mencatat, dari Asia-lah ada satu-satunya negara peserta yang ikut tampil di Piala Dunia, dengan status masih belum merdeka. 

Negara itu adalah Hindia Belanda (kini Indonesia), yang tampil pada Piala Dunia edisi 1938 di Prancis, sebagai wakil Asia pertama di Piala Dunia. Wakil Asia pertama ini langsung tersingkir di babak awal, setelah kalah 0-6 dari Hongaria.

Tapi, di ajang Piala Dunia, superioritas para raksasa ini seolah lenyap. Mereka kerap kesulitan lolos dari babak awal Piala Dunia. Kalaupun ada yang lolos ke babak lanjutan (16 besar), jumlahnya bisa dihitung dengan jari sebelah tangan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun