Mohon tunggu...
Yosep Efendi
Yosep Efendi Mohon Tunggu... Penikmat Otomotif

Selalu berusaha menjadi murid yang "baik" [@yosepefendi1] [www.otonasional.com]

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Esemka Garuda 1 Berpotensi Menjadi SUV 4x4 Termurah di Indonesia

19 Mei 2019   20:30 Diperbarui: 20 Mei 2019   06:50 0 9 1 Mohon Tunggu...
Esemka Garuda 1 Berpotensi Menjadi SUV 4x4 Termurah di Indonesia
NJKB Esemka Garuda 1 di Permendagri No. 14 Tahun 2019 | gambar: screen capture salinan Permendagri No 14 2019 dan olahan dari tribunnews.com

Awal bulan Mei 2019 ini, harga Jimny 2019 bocor ke publik, yang sudah saya bahas pada tulisan sebelumnya dengan judul "Akhirnya, Penggemar Jimny 2019 Bisa Tidur Nyenyak". Kini kita bahas bocoran harga mobil Esemka berjenis SUV, yaitu Esemka Garuda 1. Di Kelas SUV, Esemka sudah mendaftarkan 1 produknya, yaitu Garuda 1. Mobil ini mulai masuk pembahasan setelah pihak esemka atau mitranya, secara terbuka ada SUV putih dengan logo Esemka dan tulisan nama Garuda 1, melenggang di jalan raya digendong Towing Car.

Trend Rebadge Antar-Pabrikan

Esemka Garuda 1 ini memang identic dengan Foday Landfort generasi pertama. Kemungkinan besar, pihak Esemka bekerja sama dengan Foday. Ini adalah hal yang lumrah dalam bisnis otomotif

Banyak produsen otomotif besar yang saling bekerjasama untuk menciptakan suatu produk atau satu pabrikan menggunakan basis mobil dari pabrikan lain. Yang paling arak saat ini adalah hanya sekedar rebadge. Alasannya antara lain adalah untuk meminimalisir biaya penelitian & pengembangan yang kemudian dapat menekan biaya produksi dan pada akhirnya dapat menjual dengan harga yang kompetitif.

Perbandingan Esemka Garuda 1 dan Foday Landfort | sumber pada gambar
Perbandingan Esemka Garuda 1 dan Foday Landfort | sumber pada gambar

Terkait kerjasama esemka dan perusahaan lain, sudah saya bahas pada tulisan tahun lalu yang berjudu; "Menelusuri Silsilah Mobil Esemka Garuda 1". Jadi, analisis terkait spesifikasi Esemka Garuda 1, sementara saya anggap sama dengan Foday Landfort. Sekali lagi, saya anggap alias saya asumsikan, tentu berdasarkan kajian data atau berita yang berhasil saya kumpulkan.

Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Esemka Garuda 1 Relatif Murah

Oke Mari kita mulai analisis harga. Berdasarkan salinan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomer 14 tahun 2019 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2019, diketahui bahwa  Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Esemka Garuda 1 tahun produksi 2019 pada angka Rp. 209.000.000.

Angka NJKB Esemka Garuda 1 | gambar: screen capture Permendagri No 14 tahun 2019
Angka NJKB Esemka Garuda 1 | gambar: screen capture Permendagri No 14 tahun 2019

Setelah dikalikan dengan koefisien bobot dampak kerusakan jalan dan atau pencemaran lingkungan yang nilainya 1,05 untuk golongan jeep dan minibus, maka nilai Dasar Perhitungan PKB menjadi 219,450,000 rupiah. Maklum, SUV apalagi 4x4 memang daya rusak pada jalan relative lebih tinggi, sehinggi wajar jika dikenakan pajak yang lebih tinggi.

Lantas berapa harga jual on the roadnya? Yang pasti di atas NJKB, karena harga tersebut belum ditambah pajak dan variable lain. Terlebih, Esemka Garuda1 yang dibekali mesin disel 2000cc ini menggunakan mekanisme  penggerak 4x4, yang nilai pajaknya sangat tinggi. Maka harga jual OTRnya akan semakin menjauh dari NJKB.

Prediksi Harga On The Road Esemka Garuda 1

Dari aspek Nilai NJKB pada kisaran Rp. 200an juta, di kelas SUV / low SUV, Garuda 1 punya lawan besar, seperti duo Rush Terrios. Tapi dari aspek dimensi dan sistem penggerak, Esemka Garuda 1 ini akan menjadi pesaing Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Dimensi Garuda 1 yang diyakini adalah rebadge Landfort hanya selisih sekian puluh millimeter dari dimensi Fortuner dan Pajero. Berikut ini perbandingan dimensi Garuda 1, Fortuner dan Pajero.

Perbandingan Dimensi Landfor, Fortuner dan Pajero
Perbandingan Dimensi Landfor, Fortuner dan Pajero

Jadi tampaknya Esemka Garuda 1 hadir untuk ikut berbagi pasar di kelas SUV, "berbagi kue" dengan Fortuner dan Pajero. Sekarang kita lihat prediksi harga OTR Garuda 1 jika berpatokan pada NJKB untuk SUV 4x4. Kita bandingkan dengan NJKB Toyota Fortuner varian 2.4G 4X4 dan Mitsubishi Pajero GLX 4x4. Harga jual OTR  Fortuner tambah 28 % dari NJKB atau 128% dari NJKB, sedangkan Pajero tambah 32% atau 132% dari NJKB.

Perbandingan NJKB dan Harga OTR
Perbandingan NJKB dan Harga OTR

Jika kita anggap,-sekali lagi- Jika Garuda 1 mengikuti tren tersebut, tambah sekitar 30 % dari NJKB, maka harga jual Garuda 1 hanya Rp. 271 juta. Harga tersebut sangat jauh di bawah Fortuner dan Pajero. Bahkan tak sampai separuh harga dari Fortuner. Jika kita naikkan persentasenya menjadi 50%, harga Garuda 1 masih sangat murah, yaitu Rp. 313 juta. Bahkan jika Kita naikkan lagi menjadi 75%, harga Garuda 1 hanya di angka 365 juta, masih jauh dibandingkan Fortuner dan Pajero.

perbandingan NJKB dan Harga OTR
perbandingan NJKB dan Harga OTR

Esemka Garuda 1 Berpotensi Jadi SUV 4x4 Termurah Di Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2