Mohon tunggu...
Yosep Efendi
Yosep Efendi Mohon Tunggu... Dosen - Penikmat Otomotif

Selalu berusaha menjadi murid yang "baik" [@yosepefendi1] [www.otonasional.com]

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Deretan Mobil Paling "Menghebohkan" 2018

3 Januari 2019   15:14 Diperbarui: 4 Januari 2019   07:27 2325
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lima Mobil Yang Paling Menghebohkan Tahun 2018 | Sumber Gambar: Koleksi Pribadi, toyota.astra.co.id ; mitsubishi-motors.co.id

Tahun 2018 sudah berakhir. Dalam setahun lalu, tahun 2018, tentu ada berbagai kesan yang membekas, peristiwa yang tak terlupakan, topic pembicaraan popular, barang-barang yang "mewabah" yang menjadi pembicaraan atau koleksi banyak orang. Tak terkecuali di dunia otomotif.

Pecinta atau pemerhati dunia otomotif, biasanya paham dengan perkembangan tren terkini. Bahkan, mengikuti berita berbagai perkembangan teknologi atau produk baru dari berbagai pabrikan. Tahun 2018, cukup menarik dibanding tahun 2017, terutama pasar otomotif Nasional.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pameran bergengsi otomotif saat IIMS dan GIIAS 2018 menjadi media produsen untuk memamerkan pengembangan produk lawas, pamer kendaraan konsep atau bahkan meluncurkan produk baru.

Intinya, pameran tersebut sangat ampuh untuk mendobrak pasar atau sekedar menaikkan pamor brand.

Berdasarkan pengamatan, saya coba merangkum pabrikan yang berhasil menaikkan pamor produknya sehingga laris di pasaran. Atau sekedar ramai diperbicancangkan masyarakat penggemar otomotif. Berikut ini daftar 5 mobil yang sangat popular pada tahun 2018.

Urutan Kelima: Duo Rush-Terios

Toyota Rush | sumber gambar: toyota.astra.co.id
Toyota Rush | sumber gambar: toyota.astra.co.id
Siapa yang tak kenal dengan Toyota dan Daihatsu? Selain kontribusi popularitas brand, tampilan all new Rush dan Terios memang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya.

Astra memberikan sentuhan desain yang benar-benar berbeda dengan duo Rush-Terios. Duo Low-SUV tersebut tak lagi menggendong ban cadangan di bagian belakang, tak lagi menggunakan "konde". Tren meninggalkan Konde ini mengikuti jejak Honda CR-V.

Popularitas Rush-Terios diimbangi dengan angka penjualan yang cukup fantastis ditengah persaingan yang kompititif. Tahun 2018, angka wholesale All New Rush mencapai 49.649 unit, menguasai 10,9% penjualan di segemennya.

Sedangkan kembarannya, yaitu All New Terios mencapai 29.113 unit, mengambil bagian 6.3% pasar di segmennya. Bagaimana dengan competitor Rush-Terios di segmen Low SUV? Mari kita lihat Honda H-RV, yang ternyata data wholesales Januari-November "hanya" 28.275 unit. Jauh di bawah Rush dan mendekati Terios.

Urutan Keempat: Honda Brio RS Concept -- All New Brio 2018 

Honda Brio RS | foto dokumentasi pribadi
Honda Brio RS | foto dokumentasi pribadi
Popularitas generasi terbaru Brio berawal sejak pameran IIMS 2018, dengan tajuk Honda Small RS Concept. Puncaknya adalah saat peluncuran pada ajang GIIAS 2018.

Wholesales  Brio Generasi sebelumnya sempat melorot pada bulan Februari 2018 dan kembali naik pada Oktober 2018, seiring dengan mulai meluncurnya Brio RS ke pasaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun