Mohon tunggu...
Yosep Efendi
Yosep Efendi Mohon Tunggu... Penikmat Otomotif

Selalu berusaha menjadi murid yang "baik" [@yosepefendi1] [www.otonasional.com]

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Jimny Concept 2018, Kembalinya Sang Legenda

12 Agustus 2018   20:19 Diperbarui: 12 Agustus 2018   20:56 0 0 0 Mohon Tunggu...
Jimny Concept 2018, Kembalinya Sang Legenda
Jimny Concept, Generasi Keempat Jimny | foto: yosepefendi

Jumat dan Sabtu, tanggal 3 & 4 Agustus lalu, Kami mengunjungi Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 di ICE BSD Tangerang.  Selama 2 hari muter2 di sana, mobil yang paling banyak didatangi pengunjung adalah ini: Jimny Concept.

Suzuki berhasil memikat pengunjung dengan menampilkan "Baby Wrangler". Yak, "Baby Wrangler", karena sepintas Jimny Concept ini mirip dengan Wrangler. Macho, tapi imut-imut. Piye kui? Macho kok imut-imut, wes ngono kui lah pokoke.

Butuh perjuangan dan kesabaran untuk mengamati lebih detail Jimny Concept ini. Bahkan untuk masuk, melihat interior, wajib antri. Udah kayak antri BBM pas ada pengumuman besok harga naik.

Pengunjung antusias melihat hadirnya sang legenda dari kelas mini SUV. Si kecil legenda yang berani melibas jalan yang sulit dijamah kelas SUV biasa. Salut untuk SPG Suzuki, eh pihak suzuki yang sudah bersedia memamerkan Baby Wrangler ini di GIIAS2018.

Ekterior Yang Gagah dan Elegan

Tamilan Depan Jimny 2018 | foto: yosepefendi
Tamilan Depan Jimny 2018 | foto: yosepefendi
Tampilan wajah Jimny generasi ke empat ini, sepintas memang mirip dengan Wrangler, terutama pada grill vertikal yang berada di tengah 2 lampu utama. Desain lampu yang bulat, memang meneruskan desain Jimny generasi pertama dan kedua agak aneh memang kalo pakai desain lampu utama Jimny generasi ketiga yang cover lampunya agak mengotak. Yaaa, memang bagus bulat sih, retro retro gituuu.

Penempatan lampu sein-nya juga cenderung meneruskan generasi kedua, yang berbentuk bulat dan berada  di samping Head Lamp. Fog lamp yang ditempelkan di bumper menambah kemiripan dengan Wrangler. Apik banget tampilan ngarepe

Di lihat dari samping, desain body samping dan atap rata, menambah kesan mirip dengan Wrangler Sport 2 door HardTop. Konsep pewarwaan Two Tone, dengan fender hitam. Two tone ini semacam penegasan, bahwa jeep mungil ini kuat melintas off road dan tetep tampil cakep di ajak keliling kota.

Sektor belakang, bener-bener boxy. Tegas. Saya pribadi sangat bahagia ketika melihat ada ban cadangan yang ditempel di pintu belakang, yang kini sudah jarang ditemui di SUV. SUV Honda CRV, Nissan X-trail dan Duo Terios-Rush sudah "malu" menggendong roda di belakang. Tampaknya mereka mau mengejar tampilan yang mewah-elegan. Entahlah, penempatan ban cadangan yang kerap disebut "Konde" ini, menurut saya menambah kesan Macho. Keren!

Dapur Pacu "Berbagi" Dengan Ertiga

Suzuki membekali Jimny terbaru ini dengan mesin K15B, mesin yang dipakai oleh Ertiga. Dengan kode mesin tersebut, mestinya kapasitas 1.500 cc empat silinder Inline DOHC mampu menghasilkan tenaga 104 PS dan torsi 138 Nm. Untuk ukuran jeep yang imut, mesin ini sudah mumpuni diajak offroad.  Yaa, offroad kategori sedang masih ampuh laaah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3