Mohon tunggu...
Muhammad Yusuf Ismail
Muhammad Yusuf Ismail Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Sosialisator Penggerak Literasi Nasional 2022

Menulis itu ibarat makanan yang terserap dalam tubuh dan menjadi energi yang dahsyat dalam bertindak, Jangan ragu-ragu untuk memberikan yang terbaik. __Tulisan mempunyai hak cipta__ Contact : 085362197826 FB : Muhammad Yusuf Ismail Ar-Rasyidi Tweeter : @ismayusuf Email : Ismailyusuf8@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Jangan Remehkan Hal "Sepele" dalam Mendidik Anak

20 November 2022   06:57 Diperbarui: 20 November 2022   07:02 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar  | orami

Dalam kehidupan sehari-hari kita wajib menghormati orang yang lebih tua dari kita. Hal itu adalah sebagai respek kita terhadap cara pergaulan yang lebih bermartabat terhadap sesama.

Dewasa ini, rasa respek/takzim sudah mulai terkikis/tergerus pada kenyataannya. Tentunya hal itu adalah tantangan terbesar untuk para pendidik dan orang tua di rumah.

Orang tua dan guru harus sangat memperhatikan hal ini. Cara yang paling tepat untuk menyelesaikannya adalah mendiskusikan dengan sang anak, kenapa dia berontak sehingga tidak patuh dan apatis terhadap apapun.

Mungkin saja, dapat perkara ketidakpatuhan anak muncul karena kurangnya kasih sayang orang tua terhadap anak, orang tua terlalu sibuk dengan dunia masing-masing dan itu sangat miris, jikalau berterus-terusan dan akan berakibat fatal sekali.

Sebagai contoh kecil misalnya di dalam dunia modern ini, satu keluarga ada lima orang, semuanya main gadget secara bersamaan di tangannya masing-masing sehingga komunikasi verbal berkurang.

Seharusnya para orang tua harus memanfaatkan momen bersama keluarga secara tepat dan akurat. Tidak menyia-nyiakan momen istimewa dekat dengan anak, bukan hanya dekat fisiknya saja namun dekat komunikasi juga.(*)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun