Mohon tunggu...
Yosef MLHello
Yosef MLHello Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Penulis Buku Keluargaku Surgaku oleh Penerbit Bajawa Press Yogyakarta dan Dosen Tidak Tetap STP Kefamenanu

Menulis adalah upaya untuk meninggalkan jejak. Tanpa menulis kita kehilangan jejak

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Membiasakan Anak Mencintai Lingkungan Sejak Dini

5 Desember 2022   11:48 Diperbarui: 17 Desember 2022   09:16 246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anak-anak PAUD Santo Nino dilatih untuk menanam bunga (Dokumentasi pribadi)

Anak-anak adalah pemilik masa depan. Akan jadi apakah seorang anak nanti di masa depan, sangat tergantung dari apa yang sedang ia pikirkan dan lakukan hari ini. Seperti dikatakan Mahatma Gandhi, "Masa depan tergantung pada apa yang Anda lakukan hari ini".

Sebagai pemilik masa depan, anak-anak harus dibiasakan untuk melakukan hal-hal yang baik dan bernilai universal. Dalam hal ini metode pembiasaan sangat tepat diberikan kepada anak-anak sejak usia dini. 

Mereka mesti melakukan sesuatu secara berulang-ulang. Artinya apa yang dilakukan anak dalam pembelajaran hendaknya diulang-ulang secara terus menerus sampai anak itu dapat betul-betul memahaminya dan dapat tertanam di dalam hatinya.

Namun yang terutama dan terpenting bagi anak-anak adalah pemberian contoh atau teladan yang baik dari orang-orang dewasa, dalam hal ini orangtua yaitu bapak dan mama. 

Sering kali kita mendengar adanya saling tuding menuding antara mama (ibu) dan bapak (ayah) tentang siapa yang seharusnya terlebih dahulu memberikan teladan yang baik kepada anak. 

Ibu mengatakan kepada ayah yang mengajak anak laki-lakinya untuk bermain kartu, "Kamu harus memberi contoh yang baik kepada anak, yah." Sementara ayah mengatakan kepada ibu, "Kamu jangan marah-marah terus yah, nanti akan diikuti anak!" Dalam hal ini sebetulnya anak mau mengikuti kata siapa? 

Para pakar pendidikan mengatakan bahwa anak pada dasarnya akan meniru perilaku orangtuanya, namun yang mendorong anak meniru orangtuanya adalah karena relasi yang dibangun antara orang tua dan anak. Dalam hal ini kedekatan antara anak laki-laki dan ayahnya, dan anak perempuan dengan ibunya.

Nah, dalam rangka menyelamatkan bumi kita ini dari kerusakan akibat ulah manusia, anak-anak sejak dini hendaknya dibiasakan untuk mencintai lingkungan hidup.

Untuk itu para orangtua hendaknya membiasakan anak-anak sejak dini mulai dari rumah untuk melakukan hal-hal sekecil apapun itu demi menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Menurut saya, apabila hal ini terus meneruskan dibiasakan pada anak-anak, maka kelak ketika ia sudah dewasa, ia akan memihak dan mencintai lingkungan hidup yang bersih dan sehat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun